Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Meningkatkan Peluang Usaha, Bekaf Perkenalkan Dunia Perbankan Kepada Pelaku Ekraf

Suasana Business Matching yang diadakan Bekaf di Hotel Indies Yogyakarta.
YOGYAKARTA ( info- jogja.com ) -Guna guna mempertemukan pelaku ekonomi kreatif (ekraf) dengan dunia perbankan konvensional, Badan Ekonomi Kreatif ( Bekaf) mengadakan Business Matching di Hotel Indies, Yogyakarta, Kamis (2/8/2018).

Sebagai keynote speech anggota DPR RI Komisi X, MY Esti Wijayanti  menyampaikan materi " Peran Legislatif Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif. Sebanyak 100 pelaku usaha ekraf dilibatkan dan memiliki kesempatan bisa berinteraksi langsung dengan  pihak perbankan yang diundang, yakni Bank Negara Indonesia ( BNI ).

Esti Wijayanti menjelaskan Ekraf menjadi salah satu  penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) yang cukup signifikan di Indonesia dengan trend pertumbuhan cukup tinggi dari tahun ke tahun dan menyerap tenaga kerja cukup banyak.

"Salah satunya dari alokasi anggaran, walaupun untuk tahun ini tidak terlalu signifikan karena adanya pelaksanaan Asean Games, tapi tahun berikutnya kita akan komunikasikan lebih baik supaya bekraf dapat anggaran yang signifikan,"jelas politikus PDI Perjuangan ini.

Diakuinya, pihaknya tengah menyusun Undang-undang Ekraf  dan  juga mengatakan bahwa pengembangan ekraf tidak bisa hanya dibebankan pada bekraf semata."Peran daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/ kota mesti turut untuk bagian dalam mendukung pengenangan ekraf,"ajaknya.

Direktur Akses Perbankan Bekraf,  Restog K Kusuma menjelaskan Bekraf bukan hanya meningkatkan pengetahuan pelaku ekonomi kreatif tentang pembiayaan perbankan konvensional.

“Peserta juga berkesempatan meningkatkan peluang mereka mengakses dunia perbangkan sebagai pelatihan manajemen keuangan, sehingga mereka bisa mengajukan proposal, pengajuan pembiayaan sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka,”terangnya.

Ada beberapa kriteria yang mereka miliki sebelum menyalurkan pembiayaan yaitu kelayakan mendapatkan modal dan resiko perbankan.”Laporan keuangan adalah merupakan salah satu persyatatan untuk mengakses pembiayaan perbankan konvensional,”jelas dia.

Hari Soul Putra sebagai praktisi keuangan menambahkan bahwa perbankan konvensional dalam menyalurkan pembiayaan. Manajemen keuangan memberikan manfaat untuk mengetahui dan evaluasi bisnis untuk mengembangkan bisnis, ungkapnya.

Bekaf juga mengundang Panen Maya Consultant yang diwakili Diky Sukma pada kesempatan itu  mengulas informasi seputaran media sosial (medsos)  dan pengembangan usaha ekraf.”Diharapkan pelaku ekraf bisa menerapkan media sosial dalam pengembangan usaha,”tutur Diky.

Penulis  :  Maryatun

About Eko Purwono WK

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post