Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » NGOPI SUNUR BENTUK GENERASI BERKARAKTER

SLEMAN (info-jogja.com) Mendorong gerakan budaya lokal untuk menciptakan generasi milenial yang sehat dan berkarakter, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sleman menggagas acara  Ngopi Sunur, Kamis (7/6/2018) serentak se- Kabupaten Sleman. Diikuti peserta  siswa- siswi  madrasah mulai dari tingkat  MI, MTs hingga MA.

“Ngopi dan Sunur dimaknai sebagai ngobrol tentang pendidikan Islam, ngopi itu wadahnya sedangkan isinya  sunur artinya sungkem dan janur sebagai sebuah budaya di Indonesia, khususnya di Jawa, kaitanya dengan permohonan maaf  anak kepada orang tua atau yang lebih tua mohon didoakan dan permintaan maaf,”jelas Kepala Kemenag Sleman Sa'ban Nuroni kepada info-jogja.com, Kamis(7/6) petang.

Kepala Kemenag Sleman Sa'ban Nuroni
Menurut dia, momentum ini sangat pas karena bertepatan saat menjelang lebaran yakni di dalamnya terdapat tradisi yang relevan  dengan menciptakan pendidikan karakter, dimana pada akhir ramadhan kegiatan tersebut adalah pembuatan ketupat dan sungkeman.

”Gerakan ini kita libatkan peserta siswa siswi dari 143 madrasah dari tingkat  MI, MTs hingga MA di Sleman,jumlah keseluruhan sebanyak 24 ribu siswa,”ungkapnya.

Talkshow Ramadan dan Buka Bersama.

Melalui gerakan ini, Sa'ban Nuroni berharap, kepada seluruh peserta terutama para siswa dapat membangkitkan kembali budaya lokal dengan mengambil nilai  - nilai yang tercakup  didalamnya.

”Tujuan lebih jauh diharapkan dengan adanya acara ini dapat  membangun cinta kepada Tanah Air dan NKRI, diawali dengan mencintai  budaya lokal, ini sekaligus bentuk pencegahan gerakan radikalisme,”tuturnya.

Ngopi Sunur diwarnai pula acara Talkshow Ramadan dan buka bersama, diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) Kemenag Sleman yang digelar di Aula lantai 3 Kantor Kemenag Sleman  dengan menhadirkan beberapa narasumber, diantaranya Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, Kepala Kanwil Kemenag DIY Muh. Lutfi Hamid dan perwakilan akademisi Hilmy Muhammad.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono WK

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post