Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Wau...Beginilah Keberagaman Menyatu di Hari Jadi Ke-70 Caturtunggal

Agenda acara peringatan  Hari Jadi ke-70 Desa Caturtunggal
YOGYAKARTA (info-jogja.com) – Memasuki usia ke-70 Desa Caturtunggal pada tahun 2018 ini terus berbenah melalui visi dan misi yang menjadi motivasi untuk  bekerja keras dan berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Tema besar hajatan tahunan ini yakni “Keragaman Budaya Menyatukan Rasa, Serumpun Seni Berjuta Aksi” yang bermakna Pemerintah Desa Caturtunggal  berusaha mempererat rasa persaudaraan.

“Desa Caturtunggal merupakan Indonesia mini yang nyata dalam konteks keberagaman. Warga dari berbagai ras dan suku ada di Indonesia dapat dijumpai di sini, hal tersebut  mendasari tema hari jadi Desa Caturtunggal ke 70 tahun ini,”jelas Ketua Panitia Hari Jadi Desa Caturtunggal, Aminudin Aziz didamping Kirwanto, Sabtu (14/4/2018) kepada info-jogja.com.

Menurut sejarah lanjut Aziz, lahir dan berdirinya Desa Caturtunggal adalah berdasarkan Titah Sampeyan Dalem Sinuhun Sri Sultan Hamengkubuwono IX selaku Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Saat itu beliau mengeluarkan maklumat nomor 5 Tahun 1948, memuat titah tentang perubahan daerah-daerah kalurahan yang terdiri dari, Kalurahan Karangwuni, Kalurahan Mrican, Kalurahan Demangan, Kalurahan Ambarukmo dan Kalurahan Kledokan. Maka sejak dikeluarkannya maklumat tersebut, maka seluruh Kalurahan tersebut dinyatakan bergabung dan melebur menjadu Kalurahan Caturtunggal,”ungkap dia.

Sementara Kepala Desa Caturunggal Agus Santoso S Psi berharap peringatan ini menjadi titik tolak menuju desa yang semakin mandiri dan sejahtera sesuai dengan visi dan misi.

”Kami berharap seluruh  rangkaian peringatan hari jadi yang ke-70 ini dapat dinikmati, dirasakan dan dirayakan oleh seluruh lapisan masyarakat yang penuh keragaman,”tuturnya.

Rangkaian acara diawali dengan kegiatan jalan sehat  pada tanggal 1 April 2018 di Lapangan Klebengan. Selanjutnya  Kethoprak pada  7 April 2018 di Padukuhan Kledokan, Parade Hadroh tanggal 8 April 2018 di Padukuhan Karangmalang, Kirab Budaya  15 April 2018 dimulai di Pendopo Ambarukmo dan Finish di Lapangan Realeno Universitas Sanat Dharma.

Tirakatan  18 april 2018 di Balai Desa Caturtunggal, Upacara 19 April 2018 di Lapangan Klebengan, Festival Dolanan Anak 21 April 2018 di Balai Desa Caturtunggal, Sepeda Santai, Senam Massal, Jathilan  digelar 22 April 2018 di Lapangan Janti, Bazar Potensi Desa  27-28 April 2018 di Balai Desa Caturtunggal.

Selanjutnya digelar Pentas Wayang Orang oleh Kelompok Bayu Badjra tanggal 28 April 2018 di Balai Desa Caturtunggal dan rangkaian kegiatan ditutup dengan pertunjukan wayang kulit oleh Ki Seno Nugroho tanggal 1 Mei 2018 di Padukuhan Papringan.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono WK

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post