Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Tradisi Saparan Bekakak Minim Sentuhan Pemerintah

Kepala Desa Ambarketawang Sumaryanto

SLEMAN (info-jogja.com) - Ribuan masyarakat memadati  acara Kirab Bekakak atau Saparan Bekakak yang digelar  di Lapangan Desa  Ambarketawang, Kecamatan  Gamping Kabupaten Sleman, Jumat (3/11/2017) siang.

Peserta Kirab berkumpul di lapangan kemudian menuju Petilasan Gunung Gamping Tlogo. Acara ini dilakukan rutin setiap tahun. Sedangkan  puncak acara dilakukan  upacara adat penyembelihan bekakak atau sepasang boneka pengantin  yang terbuat dari tepung ketan.

Saparan Bekakak dimeriahkan dengan pawai pasukan Ogoh- ogoh, wewe gombel dan gendruwo. Sebelumnya  diawali dengan pemecahan kendi Tirto Dono Jati dan pelepasan sepasang burung merpati. Kirab ini melibatkan 43 kelompok seni dan budaya di wilayah Kecamatan Gamping.

Kepala Desa Ambarketawang (Kades) Sumaryanto saat ditemui info-jogja.com mengungkapkan  bahwa acara Saparan Bekakak tahun sekarang lebih meriah dari yang tahun kemaren, meski  tidak ada dana dari Pemerintah Provinsi ataupun Pemerintah  Kabupaten.

“Kirab Bekakak ini berjalan dengan swadaya masyarakat desa dan pihak kecamatan saja, namun tidak mengurangi kemeriahan dan  tradisi ini,”ungkap Sumaryanto.

Acara ini, lanjut Sumaryanto, dapat terselenggara atas  partisipasi dan swadaya masyarakat sehingga   acara dapat  berjalan dengan lancar dan aman.

 “Didukung dengan semangat luar biasa karena  merasa anggarbeni atau  rasa memiliki,  kali ini  terus bermunculan seni budaya dan seni  kresai baru dari  padukuhan yang sebelumnya belum pernah terlibat dalam event ini, mulai sekarang mereka   bisa ikut menyemarakkan  dan  lebih meriah,”imbuh dia.

Sumaryanto berharap  di desa Ambarketawang bisa  dibina menjadi desa rintisan menuju desa wisata dan desa seni budaya. “Kepada Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kebudayaan monggo untuk tahun depan Kirab Saparan Bekakak ini lebih diperhatikan sebab upacara adat  ini merupakan event nasional,”pinta Sumaryanto.

Penulis : Maryatun

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post