Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Suratman Kembangkan Budidaya Tanaman Jeruk Tanpa Bahan Kimia

SLEMAN (info-jogja.com) – Tanaman jeruk Keprok Pontianak  dapat tumbuh optimal di wilayah Kabupaten Sleman, terbukti  seperti yang dibudidayakan Suratman (62), petani asal Padukuhan Kebur Kidul,  Desa Argomulyo, Kecamatan Cangkringan. Yang menarik dalam pembudidayaan tanpa mengunakan zat kimia apapun.

“Saya pilih tanaman jeruk keprok Pontianak,  bibit saya peroleh  dari daerah Malang Jatim, ternyata hasilnya bagus, sementara baru kita coba tanam 150 pohon,”beber Suratman kepada info-jogja.com, Sabtu (7/10/2017)  siang disela rutinitasnya  merawat   tanaman jeruk yang telah berumur 4 tahun.

Suratman menunjukkan pohon jeruk miliknya.
Diakuinya, tidak ada aplikasi  zat kimia apapun dalam melakukan perawatan dan budidaya  tanaman sehingga buahnya segar alami dan aman dikonsumsi.

“Pemupukan dipakai pupuk  organik bebas pestisida, untuk penanggulangan hama lalat buah kita libatkan musuh alami berupa laba-laba, kebiasaan laba-laba yakni membuat sarang untuk menjebak lalat buah, sedangkan penyakit selama ini belum ditemukan,”urai dia  sembari menunjukkan kebun seluas 1000 m2 tersebut.

Menurut pria mantan Dukuh Kebur Kidul ini  faktor utama dalam menanam jeruk adalah kualitas benihnya dan pola tanam."Tergantung juga oleh  cadangan makanan dalam tanah untuk menghasilkan panen tinggi dan nilai ekonomis tanaman lebih lama, saat ini saya tanam dengan jarak 3 meter,”jelas dia.

Suratman  bersama  pembeli.
Disinggung mengenai produksi, Suratman belum bisa merinci dia juga mengaku tidak terkendala dalam hal pemasaran.”Selama ini belum pernah saya hitung, hanya  dalam satu kilogram terdiri 6-10 biji, saat ini kita jual dengan harga Rp 10 ribu per kg. Soal pemasaran tidak massalah, bahkan banyak pembeli yang langsung ke lokasi kebun ”ungkapnya.

Kedepan tambahnya, akan dicoba tanaman jeruk varietas Keprok Purworejo.”Sekaligus tumpangsari dengan tanaman kelapa,sebagian sudah kita tanam sambil menunggu bibit pesanan datang,”pungkas dia.

Penulis : Eko Purwono.

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post