Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Menemukan Titik Elevasi, PDAM Sleman Kembangkan Jaringan Sistem Gravitasi

Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwata
SLEMAN (info-jogja.com) – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Sleman tengah mempersiapkan  pengembangan jaringan dengan sistem gravitasi. Dengan inovasi  ini diharapkan dapat menekan biaya produksi.

“Akan kita kembangkan jaringan baru dengan sistem gravitasi bumi, di wilayah  Sleman memungkinkan untuk diterapkan, tujuannya untuk mengurangi biaya produksi,”ungkap Direktur PDAM Sleman Dwi Nurwata kepada info-jogja.com disela mengikuti kegiatan donor darah di kantor sementara , kemarin.

Menurut pria yang akrab disapa Dwi, pihaknya sudah mempersiakan seluruh perangkat pendukung salah satunya persiapan sumber daya manusia.

”Kemarin kita melakukan studi banding  ke Wonosobo untuk mendapatkan referensi berkaitan sistem gravitasi. Untuk di sini (Sleman) kita sudah mendapatkan lokasi di Kebun Agung Kecamatan Minggir, di sana elevasinya sangat mendukung, ada lokasi ketinggian suatu tempat terhadap daerah sekitarnya,”jelas Dwi seraya menambahkan bahwa  sumber air direncanakan  diambil dari Kali Progo.

Dengan pengembangan ini, imbuh Dwi, nantinya dapat mencakup layanan di wilayah Kecamatan Minggir, Depok dan Sleman.”Karena sumber di Umbul Wadon terbatas, di tahun 2018 sudah dianggarkan SPAM regional dengan titik  lokasi daerah Minggir , dengan menggunakan  dana APBN yang diajukan Kabupaten Sleman ke Sakter,”urainya tanpa merinci berapa anggaran yang dialokasikan untuk penggembangan tersebut.

Dijelaskan juga dengan pengembangan pemanfaatan air menggunakan sistem ini dapat menghasilkan kapasitas  debit air hingga 300 liter per detik. ”Yang 200 liter per detik dialokasikan ke Kota Jogja sedangkan sisanya untuk mencukupi kebutuhan di wilayah Sleman,”tutup Dwi.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post