Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Pelestarian Cagar Budaya Tanggung Jawab Bersama

 

YOGYAKARTA (info-jogja.com) - Pelestarian cagar budaya bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah saja melainkan seluruh pemangku kepentingan, diantaranya  Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, dunia usaha, dan masyarakat sipil

Seperti dibahas dalam rapat koordinasi Pelestarian Cagar Budaya di Yogyakarta, Kamis (7/9/2017) jam 10.00 WIB yang dihelat  di Pesona Tugu Hotel Yogyakarta.

Rakor dibuka langsung oleh Sekda DIY, Ir. Gatot Saptadi, dalam sambutannya menyampaikan berkaitan dengan disahkannya UU Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY.

“Posisi kebudayaan menjadi semakin kuat karena kebudayaan menjadi payung  pembangunan di segala bidang. Kewenangan dalam urusan kebudayaan diselenggarakan untuk memelihara dan mengembangkan hasil cipta rasa, karsa dan hanya yang berupa nilai- nilai pengetahuan norma- norma adat istiadat, benda seni, tradisi luhur yang mengakar dalam masyarakat DIY,” jelas Gatot Saptadi.

Sementara  Plt Deputi bidang Koordinasi Kebudayaan Kemenko PMK Nyoman Shuida yang diwakili Asisten Deputi Warisan Budaya Kemenko PMK Pamuji Lestari mengatakan bahwa  cagar budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa benda cagar budaya, bangunan cagar budaya, struktur cagar budaya, situs cagar budaya dan kawasan cagar budaya di darat dan di air yang perlu dilestarikan keberadaannya, karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, kebudayaan melalui proses penetapan.

“Cagar Budaya merupakan potensi yang sangat besar, kita perlu bangga bahwa Indonesia termasuk provinsi DIY yang memiliki cagar budaya yang sangat banyak jumlahnya dan beragam jenisnya yang  tersebar di Kabupaten Sleman, Bantul , Kulonprogo, Gunungkidul dan Kota Yogyakarta,” bebernya.

Ditegaskannya, pelestarian cagar budaya tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja .” Pelestarian cagar budaya  menjadi tanggung jawab bersama,”tandasnya.

Penulis : Maryaton

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post