Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Sleman Miliki Potensi Besar Sektor UKM Furniture dan Kerajinan di DIY

Usai  pengukuhan pengurus Koordinator Daerah HIMKI Sleman.
SLEMAN (info-jogja.com) – Keberadaan sektor industri mebel dan kerajinan DIY memiliki kontribusi yang cukup signifikan sebagai salah satu industri unggulan ekspor DIY nomer dua setelah tekstil. Sektor  meubel dan kerajinan merupakan industri padat karya karena peranannya yang telah terbukti mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Namun, sektor industri tersebut belum dapat dioptimalkan sebagai salah satu pilar kekuatan ekonomi nasional yang besar dan memadai. Untuk itu  diperlukan upaya dari semua pihak dengan program-program kreatif dan inovatif yang dapat mendorong bangkitnya kemandirian kekuatan industri mebel dan kerajinan di DIY yang lebih maju dan bermartabat.

 Seperti dikatakan   Ketua Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (DPD HIMKI DIY) DR. Timbul Raharjo M Hum saat menghadiri pengukuhan pengurus Koordinator Daerah HIMKI Sleman di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Senin (28/8/2017). Setyana Ade Nugraha memimpin HIMKI Sleman.

“Sebagai perhimpunan pelaku usaha di sektor permebelan dan kerajinan, dalam arti seluas-luasnya, menyadari tanggung jawabnya untuk membina dan mengembangkan kerjasama dengan semua pihak mendorong pemerataan kesempatan berusaha dan ikut serta melaksanakan pembangunan nasional di bidang ekonomi, “ ungkapnya. 

 Wakil Ketua Bidang  Organisasi dan Hubungan Antar Lembaga HIMKI DIY, Irsyam Sigit Wibowo mengatakan bahwa DPD HIMKI DIY adalah perangkat organisasi yang merupakan perpanjangan tangan Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Industri  Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI). Sesuai dengan ART HIMKI bahwa Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dapat dibentuk atas inisiatif anggota di daerah yang disetujui oleh Dewan Pimpinan Pusat di lokasi-lokasi sentra industri mebel dan kerajinan serendah-rendahnya tingkat kabupaten/kota dan khusus daerah istimewa setingkat provinsi.

“ DPD HIMKI DIY Adalah organisasi setingkat Provinsi berkedudukan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Wilayahnya meliputi Bantul, Kulonprogo, Gunungkidul, Sleman dan Kotamadya Yogyakarta,” jelas dia.

Lanjutnya ,untuk memperkuat mobilitas organisasi dan  kelembagaanya maka dibentuk perangkat kerja Korda  sebagai upaya  mempermudah koordinasi dan menyampaikan informasi di daerah tersebut.

Adapun program kerja yang akan dilakukan Korda HIMKI Sleman diantaranya adalah :
   
1.Penguatan kelembagaan daerah menjalin kerjasama dengan semua pihak baik swasta/pemerintah daerah melalui dinas terkait, salah satunya  BUMN. 
2.Melakukan pembinaan Anggota di wilayah Sleman melalui pelatihan-pelatihan dan fasilitasi promosi/pameran lokal, nasional maupun internasional.
3.Memberikan bantuan konsultasi, sosialisasi dan pendampingan advokasi bagi anggota yang memerlukan terkait perizinan dan  regulasi baru.

Kabupaten Sleman mempunyai potensi yang besar terhadap sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) furniture dan kerajinan di DIY. Melalui Korda HIMKI Sleman akan membantu menjembatani persoalan perijinan usaha yg masih menjadi hambatan dan kendala yang banyak dihadapi oleh UKM  khususnya di Kabupaten Sleman. Agar program pemerintah pusat melalui Paket Kebijakan XII Presiden Jokowi tentang HO, SIUP, TDP dan lainya agar bisa dengan mudah dilaksanakan.

Sebelumnya DPD HIMKI DIY telah  mengukuhkan kepengurusan Korda HIMKI Kota Yogyakarta dan Korda HIMKI Gunungkidul.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post