Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » 3.000 Bidang Tanah di Girikerto Jadi Percontohan Program PTSL 2017

Kades Girikerto, Sumaryanto SH
SLEMAN (info-jogja.com) -Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman ditunjuk sebagai percontohan bagi pelaksanaan   Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap  (PTSL)   dari  Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sleman.

Menurut Kepala Desa Girikerto, Sumaryanto SH untuk tahun 2017 diajukan sebanyak   3000 bidang tanah tersebar di 13 padukuhan.

"Proses pengurusan sertifikat tanah melalui PTSL tidak dipungut biaya, "jelasnya kepada info-jogj.com, kemarin. Sembari menambahkan informasi bahwa BPN Sleman sendiri  telah menggelar sosialisasi mengenai pertanahan tersebut pada  21 Februari 2017 yang lalu.

Dalam kegiatan itu diikuti oleh 20 desa yang dihadiri Kepala Bagian  Pemerintah Desa dan Pokmas. "Desa Girikerto  telah ditunjuk sebagai percontohan  untuk mengikuti program PTSL, setelah  menerima sosialisasi penyuluhan di BPN Sleman, pada hari berikutnya langsung kita  kumpulkan  warga di pedusunan dan tokoh- tokoh masyarakat," jelasnya.

Dengan sosialisasi  diharapkam para  Perangkat Desa dan Pokmas tidak ragu melaksanakan program PTSL bersama dengan Tim Yurudis dan Tim Teknis.

"Diharapkan pokmas, dukuh dan tokoh- tokoh masyarakat bisa mengumpulkan data- data pemilik tanah. Dengan  Syarat- syarat antara lain  foto copy KTP,  foto copy KK dan bagi yang sudah meninggal dunia untuk  turun waris dilampirkan   akte kematian dan  surat kematian,  setiap padukuhan akan  diselesaikan dengan sertifikat, kecuali tanah sengketa," benernya.

Sedangkan pemberkasan dan pematokan oleh BPN di serahkan ke desa. Sudah ada kesepakatan pokmas dan warga, warga hanya membayar untuk biaya pemberkasan dan persiapan di lapangan.

"Pokmas bekerja sama sengan Tim petugas  Yuridis dan petugas pengukuran tanah. Tim Yuridis untuk pengumpulan  berkas, tim pengukuran dalam rangka pengukuran tanah yang mau disertifikat, " pungkasnya.

Penulis : Mar


About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post