Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Resep Kue Nastar Istimewa

Yogyakarta (info-jogja.com)

Sudah menjadi tradisi di Indonesia kue kering nastar istimewa menjadi menu wajib untuk di hari raya Lebaran. Terlebih lagi, banyak sekali yang menjadi peluang bisnis pasar kue kering.


Tak heran karena rasa kue nastarnya yang begitu renyah dan empuk, di tambah dengan selai nanas yang enak di dalamnya, apalagi di atasnya bertaburan keju yang kering di atasnya. mmm.... yummyy !

Nama nastar sebenarnya berasal dari nama asing yaitu "nastaart" yang berarti "Pineapple Cake". Masyarakat sunda sering disebut "Ganas Jeung Tarigu (Nanas Dan Terigu)". Kalian pastinya tahu kue nastar ini merupakan menu wajib yang ada dalam daftar sajian hari raya lebaran.

Dalam bahasa Inggris disebut "Pineapple Tarts" atau "Pineapple Nastar Roll". Sajian kue lebaran ini terkenal juga pada saat perayaan Imlek. Kue nastar di Imlek sebenarnya juga sudah merupakan tradisi lama yang wajib disuguhi. Kue kering yang berisikan selai nanas ini mengandung arti dan simbol kemakmuran.

Tentunya seperti yang kita lihat, kue nastar kadang kali dijual lebih mahal, ya tetapi untuk kualitasnya juga sebanding dengan harga.
Cara membuat kue kering nastar nanas yang enak dan renyah membutuhkan kesabaran agar kue nastar yang dihasilkan sempurna.


Bahan

  • 250 gram tepung terigu
  • 50 gram gula halus
  • 200 gram margarine (lelehkan)
  • 100 gram keju cheddar
  • 3 butir telur
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 sdm tepung maizena
  • sedikit keju parutan untuk taburan

    Bahan untuk olesan

    • 1 butir telur ayam
    • 1 sdm margarine (lelehkan)

    Bahan isi nastar

    • 1 buah nanas (parut terlebih dahulu)
    • 1 batang kayu manis
    • 2 bungkus vanili
    • 10 sdm gula pasir (sesuaikan manisnya dengan selera)

    Cara membuat selai nanas

    1. Masukkan nanas yang telah diparut ke dalam telfon yang sudah disiapkan.
    2. Masak nanas dengan api sedang, kemudian masukkan gula pasir, vanili dan kayu manis sambil di aduk-aduk hingga adonan nanas tidak berair dan terlalu lengket.
    3. Angkat dan dinginkan adonan nanas sampai bisa dibulatkan kecil-kecil

    Cara membuat kue nastar

    1. Ambil bagian kuning telur saja. Kemudian masukkan gula halus dan margarin cair, lalu aduk rata dengan menggunakan mixer.
    2. Masukkan tepung terigu dan tepung maizena satu persatu, aduk sebentar sampai adonan merata (adonan bisa menjadi keras jika mengaduknya terlalu lama).
    3. Diamkan adonan sebentar, lalu bentuk adonan tersebut dengan mengambil sedikit adonan tadi, pipihkan, dan masukkan adonan selai nanas. Kemudian bentuklah menjadi bulat.
    4. Setelah itu, beri olesan yang sudah di campur dengan kuning telur dan madu ke bagian atas adonan. Taburkan sedikit parutan keju diatasnya, lalu beri olesan lagi.
    5. Letakkan adonan ke dalam loyang yang sudah dipersiapkan. Sebelumnya, loyang diberi olesan margarine agar hasilnya tidak lengket. Beri jarak antara kue yang satu dengan yang lain disebelahnya sekitar 1cm.
    6. Jika loyang sudah penuh, masukkan loyang ke dalam oven. Panggang  dengan suhu 180 derajat Celcius selama 25 menit. Lalu keluarkan.
    7. Agar hasil kue nastar menjadi lebih bagus, kue nastar yang sudah matang, dikeluarkan kemudian beri olesan lagi dan panggang dalam wktu 10 menit.

    About Ita Lestari

    WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
    «
    Next
    Newer Post
    »
    Previous
    Older Post