Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » RKB BNI Wadahi Pelaku UMKM Lebih Kreatif

Sri Purnomo saat membuka Pasar Lebaran 2017

SLEMAN (info-jogja.com) -  Bertempat di Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, Senin (12 /6/2017)  dilakukan peresmian Rumah Kreatif BUMN (RKB) Sleman .

Acara bersamaan dengan  pembukaan Pasar Lebaran 2017. Bupati Sleman Drs H Sri Purnomo, MSi, hadir untuk meresmikan RKB Sleman tersebut, didampingi Chief Executive Officer (CEO) PT Bank Negara Indonesia Persero (Tbk) Kantor Wilayah Yogyakarta, Arif Suwasono serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Sleman Dra Tri Endah Yitnani, M.Si.

RKB Sleman adalah program sinergi BUMN dalam membentuk ekosistem ekonomi digital melalui pembinaan guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM dan berperan sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi, pengembangan, dan digitalisasi UMKM.

Pembentukan RKB Sleman ini diprakarsai BNI bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman (Disperindag) untuk mewadahi para pelaku UMKM khususnya di Kabupaten Sleman agar dapat lebih kreatif, lebih berkembang dan bisa Go modern, Go digital, Go online, Go global dengan tetap mempertahankan identitas dan budaya local (local wisdom).

Rumah Kreatif Sleman dapat digunakan bersama oleh para mitra binaan Disperindag Sleman, sehingga mereka dapat memanfaatkan fasilitas yang ada di RKB. Mereka juga bisa mengakses penjualan via online di market place dan  sehingga dapat mendongkrak usahanya dengan membuka pasar lebih luas.

UMKM peserta RKB juga berpotensi mendapatkan dukungan pendanaan melalui produk KUR dan support transaksional dari BNI yaitu Taplus Bisnis, serta produk layanan perbankan lainnya seperti EDC untuk transaksi via kartu debit maupun kartu kredit dan letter of credit (LC) ekspor untuk pemasaran produk hingga ke luar negeri.

Sri Purnomo menyambut positif dan sangat mengapresiasi upaya BNI dalam membentuk RKB Sleman ini. &Mayoritas UMKM sudah jago soal produksi, namun masih lemah di marketing dan packaging produk mereka

”. Pelaku UMKM dapat diberikan pelatihan bagaimana membangun, mengemas, membuat narasi produk, mempelajari pola belanja online dan bagaimana menjaga stok”. Selain itu fasilitas yang ada di RKB ini dapat mendorong kreatifitas dan inovasi para pelaku industri kreatif di Sleman", ujar Sri Purnomo.

Sementara itu CEO BNI Kanwil Yogyakarta Arif Suwasono menyampaikan komitmen BNI untuk turut andil dalam program pemberdayaan masyarakat.serta melakukan fungsi sebagai agen pembangunan (agent of development) sekaligus mendukung pembangunan di Propinsi DIY dan Kabupaten Sleman pada khususnya.

BNI telah melakukan beberapa program untuk menggerakkan perekonomian masyarakat Sleman antara lain melalui penyaluran kredit produktif termasuk kepada sejumlah pelaku UMKM serta penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) kepada 24.769 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Selain itu, dalam rangka mendukung Visi dan Misi Kabupaten Sleman yaitu ‘Terwujudnya masyarakat Sleman yang lebih sejahtera, mandiri, berbudaya, dan terintegrasikannya sistem e-government menuju smart regency (kabupaten cerdas}, BNI telah berkerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman untuk membangun marketplace slemanmall.com untuk meningkatkan akses pasar pelaku UMKM Sleman.

" Intinya, BNI berkomitmen untuk meningkatkan daya saing UMKM sleman dengan  meningkatkan daya kreatif dan inovatif pelaku UMKM Sleman, antara lain melalui pembentukan RKB agar menjadi lokomotif penggerak perekonomian Kabupaten Sleman," pungkas Arif Suwasono.

Endah Tri Yitnani menyampaikan bahwa di RKB Sleman, pelaku UMKM akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan berupa pelatihan, sharing, konsultasi, dan quality control. Mereka akan mengetahui bagaimana cara pengembangan usaha dan peningkatan kualitas produk yang tepat menjadi lebih menarik serta dapat mengikuti trend pasar.

"Kita pilih produk terbaik yang konsisten, dapat terjaga stoknya sehingga nanti  yang berkualitas dapat  listing di marketplace sleman-mall dan blanja.com. Mereka akan berjualan langsung di sana tanpa perantara ataupun reseller sehingga keuntungan bisa lebih tinggi,"  tambahnya.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post