Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Pabrik Milik PT. Bening Big Tree Farms Tutup Karyawan Tuntut THR dan Pesangon

Jalannya musyawarah managemen    PT. Bening Big Tree Farms  dengan karyawan .
SLEMAN (info-jogja.com) – Kemelut pekerja dengan pihak managemen    PT. Bening Big Tree Farms , paska penghentian  operasional  pabrik  masih memanas.  

Sebanyak 151 karyawan yang diberhentikan menuntut  gaji, tunjangan hari raya (THR) dan uang tali asih sebelum pabrik    di  Gendol - Tempel , Dusun Pringapus , Desa Mororejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman  itu benar-benar ditutup dan pindah.

“ Kami mewakili rekan- rekan pekerja sebanyak 151 orang menuntut THR dan tali asih dari perusahaan , karena hasil musyawarah kemarin   , Kamis (4/5/2017) belum didapatkan titik temu, akhirnya kami memutuskan melaporkan ke dinas tenaga kerja sleman, “jelas koordinator pekerja PT. Bening Big Tree Farms,  Doni Alfa Andrianto usai melakukan mediasi di Kantor Dinas Tenaga Kerja Sleman, Jumat (5/5/2017) pagi.

Lanjutnya , sebagian dari pekerja tidak bersedia melanjutkan kontrak kerja  andaikata pabrik tersebut pindah  di wilayah  Sukoharjo.

Menurut informasi masa sewa bangunan dan tanah yang dipergunakan untuk pabrik tersebut telah habis pada bulan Mei 2017  dan tidak diperpanjang lagi oleh pabrik sehingga seluruh  aktifitas operasional dan perangkat mesin  akan dipindahkan di wilayah Sukoharjo , Jawa Tengah.

Plant Manager Wilayah Jawa PT. Bening Big Tree Farms ,  Mujahid Muslim menjelaskan bahwa pihaknya telah menawarkan kepada pekerja untuk ikut bekerja pada pabrik milik perusahaan  yang sama di Sukoharjo.

"Sebenarnya  mereka telah kita ajak pindah bekerja ke pabrik milik perusahaan di daerah Sukoharjo, Jawa Tengah dengan fasilitas  pabrik yang lebih bagus. Dan memang kita membutuhkan tenaga kerja di sana, " katanya. 

Menanggapi tuntutan tersebut   pihaknya sudah menyiapkan tunjangan hari raya (THR) bagi yang masih   berstatus karyawan.

"Mengenai tuntutan THR tidak menjadi masalah , selama mereka masih menjadi karyawan PT. Bening Big Tree Farms pasti akan kita berikan sesuai regulasi akan kami sampaikan maksimal satu minggu sebelum hari raya. Dengan hitungan yang proporsional dan sesuai masa kerja, yang  diatas satu tahun kita berikan 1 bulan gaji, " tegas dia. 

Soal   tali asih karena belum ada regulasi yang tepat  , saat ini  sedang dilakukan komunikasi.
“ Berkaitan  tali asih masih kita musyawarahkan dengan mereka melalui mediasi, kami berharap jangan sampai timbul permasalahan baru akibat persolan ini, “ jelasnya. 

Secara regulasi, hak pekerja dengan pindahnya lokasi perusahaan memang ada , seperti disebut  Kasi Hubungan Industerial (HI) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman , Susilo Rahmadi. 

” Dalam UU nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan dalam PP  serta  kajian ahli  ketenagakerjan  ada hak pesangon andaikata    lokasi pabrik usaha berpindah. Tadi telah kita mediasi pertama, masih deadlock , akan dilakukan mediasi lagi tanggal 9 Mei mendatang, “ bebernya.

Terpisah kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman , Drs Untoro Budiharjo MM masih menyerahkan perkara ini kepada tim mediator di bagian HI.

 ”  Surat pengaduan sudah kita terima , sementara ini kasusnya masih kita  disposisikan kepada bagian yang menangani ,  menunggu hasil proses mediasi, “ singkatnya kepada info-jogja.com.

Sebelumnya, pada Kamis  4 Mei 2017  selama sehari sebanyak  151 karyawan menduduki kantor sekaligus pabrik  untuk menunggu kejelasan nasib karyawan . Tampak  juga petugas keamanan terdiri dari Kepolisian dan TNI ikut mengamankan aksi itu, pada sore hari massa membubarkan diri dengan tertib.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post