Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Menanggapi Gejolak Warga Penumping , Pemilik Tanah Tanggapi Bijak

Muhammad Linggar Afriyadi SH (kanan ) dan Zaries Maulana SH menunjukkan bukti kepemilikan tanah.

YOGYAKARTA (info-jogja.com) – Beredarnya pemberitaan rencana akan dibangunya Apartemen di Kampung Penumping , Gowongan Lor , Kecamatan Jetis Yogyakarta ditepis pemilik  tanah , Oco Darmowasito.

“ Di tanah tersebut akan ditinggali oleh keluarga besar pemilik tanah bukan untuk apartemen maupun hotel seperti yang dikawatirkan warga, nantinya juga akan dibuat taman di situ, kita tidak pernah berniat menutup akses jalan warga sekitar, “ jelas Oco melalui penasehat hukumnya, Muhammad Linggar Afriyadi SH kepada sejumlah awak media, Senin (22/5/2017) sore. 

Bahkan dirinya sebagai pemilik  sah atas tanah dengan   Sertifikat Hak Milik (SHM) ,  menyayangkan sikap warga atas peristiwa pembongkaran tembok miliknya.

“ Tanah tersebut statusnya legal  dalam kepemilikan klien kami ,  seperti tercatat dalam SHM  masing-masing  nomor 127,151,490,491, 468  dan 492. Pemagaran itu hanyalah sebagai upaya memelihara dan mengamankan aset milik kita, “ bebernya.

Pihaknya sangat bijaksana  selalu berupaya melakukan komunikasi dengan warga terdampak langsung di RT 06 Kampung Penumping.

”Akses jalan warga tidak tertutup dengan adanya pemagaran, karena 9 rumah warga yang terdampak langsung tetap kita akomodir dengan memberikan akses jalan menuju Jalan Gowongan Lor dan ke Jalan Diponegoro dengan menambah lebar jalan  hampir seluas 85 cm,” tambahnya.

Memang akses jalan yang semula bisa tembus langsung ke Jalan Bumijo sekarang ditutup, namun pihaknya selalu memberikan solusi kepada warga.

” Pernah dilakukan pertemuan sebanyak dua kali di kantor Kecamatan Jetis , kita  sodorkan  3 solusi diantaranya rumah yang langsung terdampak akan direnovasi, pembuatan jalan sesuai garis sepadan bangunan dan pemberian ganti rugi bagi yang kos di rumah yang terdapak , namun tidak disepakati, semua ditolak, “ sesal dia.

Ditambahkan Zaries Maulana SH ,penyegelan  oleh Pemerintah Kota Yogyakarta yang dianggap  melanggar dinilainya kurang masuk akal.

” Itukan tanah SHM dilindungi dalam UU Pokok Agraria , kita kan belum memerlukan IMBB seperti dipersyaratkan di Perda Kota Yogyakarta nomor 2 Tahun 2012 tentang Bangunan gedung , wong belum ada bangunan apa-apa cuma sebatas  pagar yang tingginya kurang dari 3 meter, “ tambah dia.

Sementara Oco Darmowasito dalam surat terulis yang diterima info jogja.com menyatakan beberapa hal antara lain, terdapat beberapa warga penumping keluar rumah melompati pagar milik orang lain, ketimbang melewati jalan umum yang sudah tersedia sejak lama.

Ternyata sudah bertahun-tahun pekarangan milik orang lain tersebut dikuasai orang lain oleh sebagian warga Penumping untuk memarkir kendaraan , kegiatan berkumpul bahkan sering digunakan untuk mabuk-mabukan, banyak terlihat orang bertatoo.

Dirinya juga kecewa dengan terjadinya peristiwa pembongkaran tembok milik orang lain , pembongkaran dilakukan bersama dieksekusi orang bertatoo dan ironisnya menyatakan bahwa hal tersebut  benar , dengan alasan melanggar perda.

“ Menggembok pagar milik pemilik tanah , sehingga pemilik tanah tidak dapat memesuki tanah SHM miliknya, hal ini  memberi kesan bahwa yang bertingkah laku salah  dan melawan hukum adalah pemilik tanah ketimbang yang melakukan hal tersebut, “ sebutnya dalam tulisanya.

Pesannya lagi  , janganlah memiliki karakter seperti itu, saya hanya mengingatkan bahwa hal itu tidak  berlangsung lama , karena perbuatan itu  keliru, baik secara norma-norma sosial maupun norma hukum. Dan saya tidak keberatan membantu seseorang atau warga yang mengalami kesulitan , bagi saya mereka semua adalah saudara saya.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post