Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Samsat Desa Pertama Di Indonesia Diresmikan Sri Sultan

Gubernur DIY Sri  Sultan Hamengkubuwono X
SLEMAN (info-jogja.com) –  Kini masyarakat sekitar lereng Gunung Merapi Sleman  lebih dekat terlayani dalam hal kesamsatan .  Samsat desa  pertama di Indonesia  diresmikan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X  di Balai Desa Pakembinangung , Kecamatan Pakem , Kabupaten Sleman  DIY, Selasa (18/4/2017) siang.

Didampingi Kapolda DIY, Brigjen  Pol Ahmad Dofiri M.Si , peresmian ditandai dengan pemukulan bende atau gong  dan pembukaan selubung papan nama penutup pintu kantor layanan samsat dilanjutkan peninjauan pelayanan samsat desa serta peninjauan E Posti Bank BPD DIY.

Sultan berharap semua desa dapat terlayani dan berharap ada komunikasi antara petugas dengan masyarakat.

” Jangan hanya menggantungkan dengan teknologi karena masyarakat di pelosok belum semuanya tersentuh itu , diharapkan para petugas “say hello” , menyapa dengan santun  dengan masyarakat pembayar pajak dimaksudkan  untuk membangun komunikasi,” sebut Sultan  dalam sambutannya .
Sesuatu yang diharapkan masyarakat dapat terpenuhi. “ Semoga fasilitas ini dapat membewa manfaat besar bagi masyarakat, seluruh masyarakat desa dapat terlayani dengan baik,”pintanya.  

Dalam laporannya , Direktur Lalu Lintas Polda DIY, Kombes Pol Latief Usman , SIK., M.Hum menyebutkan  bahwa bentuk   pelayanan  ini merupakan Pilot Project pembentukan samsat desa di Indonesia .

“ Pembentukan samsat desa salah satunya  berdasarkan Surat Kapolri nomor B/1083/III/2017/Korlantas tanggal 28 tentang Program Prioritas Korlantas Polri ,” sebutnya pada laporan singkatnya  disela acara peresmian kantor samsat desa tersebut.

Tujuannya untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesamsatan melalui Samsat Desa terkait pembayaran pajak kendaraan bermotor pengesahan tahunan seiring dengan prioritas Kapolri mewujudkan Polantas yang profesional, modern dan terpercaya.

“ Disini dilayani pengesahan tahunan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) berupa pembayaran pajak kendaraan bermotor dan SWDKLLJ yang pelaksanaannya di kantor Desa pada tingkat Kabupaten dan di Kelurahan untuk wilayah Kotamadya,” tambahnya.

Samsat desa terbentuk di 9 lokasi yang pelaksanaanya terbagi dalam 2 tahap.” Tahap I bulan April 2017 dibentuk 5 samsat desa  dan tahap II akan direalisasikan pada bulan Oktober  2017 sebanyak 4 samsat desa dengan prioritas Kelurahan atau desa yang jauh dari pelayanan samsat induk ,” kata dia.

Sementara Kepala Korp Lalu Lintas Polri (Kepala Korlantas Polri) , Irjen Drs Royke Lumowa M.Si  mengatakan bahwa maksud  program ini dalam rangka menindaklanjuti program Nawa cita dalam hal pembenahan sentra pelayanan publik khususnya dibidang kesamsatan.

“ Ini merupakan samsat desa pertana di Indonesia ,Yogyakarta menjadi pilot project pembentukan samsat desa karena kesanggupan rekan –rekan disini serta adanya dukungan sepenuhnya dari Pemda DIY,” beber dia.

Lanjutnya , pemerintah melalui Polri akan berupaya melayani masyarakat seoptimal mungkin.” Pelayaanan hingga desa bahkan yang di kaki Gunung Merapi, “ tambahnya.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post