Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Duta GenRe Kota Yogyakarta 2017 Serukan Remaja Jadi Generasi Berencana

YOGYAKARTA (info-jogja.com) – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta mengelar grand final pemilihan duta remaja Generasi Berencana (GenRe) Kota Yogyakarta 2017 di Gedung Basio XT Square Yogyakarta, Minggu (23/4) malam.

Menurut Plt Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Yogyakarta, Eni Retnowati SH mengungkapkan ini ajang  merupakan upaya mewujudkan program penyiapan kehidupan berkeluarga bagi Remaja (PKBR).

“Program ini bertujuan untuk memfasilitasi remaja agar belajar memahami dan mempraktikkan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan remaja,”ujarnya disela mengikuti kegiatan itu.

Tak hanya itu , langkah ini   merupakan  salah satu  upaya pemerintah Kota Yogyakarta  untuk menyiapkan figur remaja terbaik agar memberikan contoh pada remaja sebayanya untuk menjadi GenRe.


Zinda Rahma Ilfana bersama kedua orang tuanya.
Menurut Eni, tugas utama duta remaja adalah mensosialisasikan program GenRe dikalangan remaja. Selain itu, juga meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku hidup sehat dalam rangka memberikan contoh kepada remaja.  Melalui duta remaja, pemerintah memberikan fasilitas kepada remaja berupa pendidikan, konseling serta pelayanan tentang kehidupan berkeluarga.

"Duta remaja harus memberikan pengertian dan pemahaman kepada remaja sebayanya berkaitan  keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Salah satu tujuannya untuk menekan pernikahan dini yang masih banyak terjadi. Melalui duta remaja ini harapannya semakin banyak remaja yang menjadi GenRe, yakni remaja yang mengatakan tidak pada perkawinan dini, seks bebas dan NAPZA," tegasnya.

Sementara  Duta Juara III,  Zinda Rahma Ilfana mengaku  sebelumnya telah  mencanangkan program  kampanye untuk mensukseskan program GenRe, diantaranya membentuk  forum kampung GenRe dengan mengandeng  Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Didalamya terwadahi kreativitas remaja, seperti membuat poster, kompetisi mural untuk mengurangi vandalisme yang masih marak di Kota Yogyakarta.

Duta remaja terpilih.




"Sebenarnya semua yang ada disini adalah remaja terbaik dan pantas juara. Jadi kami akan melibatkan kawan-kawan dalam melaksanakan program yang telah kami canangkan. Karena kami memiliki kepedulian yang sama terhadap masa depan remaja," ujarnya.


Duta yang memiliki masa abdi dua tahun ini memiliki tahap seleksi yang cukup ketat. Selain menguasai persoalan kependudukan, KB, dan pembangunan keluarga, para Duta remaja juga harus memiliki kepribadian yang menarik, intergritas, intelegensi hingga kemampuan public speaking yang baik.

Dalam grand final ini  ditampilkan 20 remaja terbaik Kota Yogyakarta dari 105 remaja . Finalis tersebut terpilih  Pandu Estu Pahlawan perwakilan Kelurahan Muja Muju dan Kartika Aulia Ulfa perwakilan Kelurahan Patehan sebagai duta remaja tahun 2017-2019.

Duduk diposisi kedua  Raden Bagus Suryo K dari Wirogunan dan Aida Rahma Savitri asal Prenggan. Sedangkan peringkat ke tiga diraih  Ferian Fembriansyah dari Warungboto dan Zinda Rahma Ilfana dari Kricak.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post