Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » » Perlu Pengetahuan Mengenai Fiber Optik

Demo penyambungan kabel fiber optik
SLEMAN (Info-jogja.com) – , Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (Himaforka) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar  workshop Manajemen Jaringan Fiber Optic Workshop  di Gedung Bonaventura, Universitas UAJY, Sabtu pagi (11/3/2017).

Pada kegiatan ini  menghadirkan tiga pembicara dari perusahaan telekomunikasi, yaitu Biznet Network. Tiga pembicara tersebut terdiri dari Algifari, S.T. yang merupakan Network Engineer, Mohammad Dahlan, S.T. sebagai Project Engineer dan Wartono, S.T. sebagai Plan Engineer.

Di era globalisasi ini kemajuan teknologi informasi semakin pesat. Masyarakat bisa mendapatkan berbagai informasi dimana saja dan kapan saja dengan mudah dan cepat.  Untuk mendapatkan informasi tersebut maka diperlukan media transmisi jaringan komunikasi seperti copper wired, fiber optik dan gelombang radio. Salah satu media transmisi jaringan komunikasi yang berkembang pesat di Indonesia adalah fiber optik

Melihat perkembangan teknologi informasi tersebut maka  mahasiswa dari bidang Teknik Informatika harus selalu mempelajari perkembangan dari setiap bidang tersebut. Jika hanya mengandalkan ilmu yang diberikan di bangku kuliah, maka tidaklah cukup untuk menampung seluruh perkembangan ini.

“Fiber optik harus dibentangkan lurus, atau jika ingin digulung harus berhati-hati. Jika sembarangan menggulung, maka serat kaca bisa pecah”, jelas Mohammad Dahlan.

Lanjutnya Fiber optik adalah jaringan komunikasi berbahan serat kaca. Karena beberapa kelebihannya, fiber optik banyak menghiasi wajah Indonesia baik itu yang tertanam di dalam tanah atau di luar tanah. Kelebihan fiber optik yaitu cepat dalam mentransmisikan karena bandwidth besar dan menggunakan gelombang cahaya, tidak berkarat, ukuran kecil, ringan, dan kebal terhadap gangguan elektromagnetik atau gelombang radio. 

“Setiap manusia memiliki kelemahan, begitu juga dengan alat yang diciptakan manusia. Fiber optik memiliki kelemahan yaitu kurang fleksibel saat pemasangan,” tambah dia. 

Selain teori mengenai fiber optik, di dalam workshop ini, peserta diajak untuk mempraktikkan cara menyambung kabel. Sehingga peserta  lebih mengerti dan memiliki gambaran tentang penyambungan fiber optik.

“Praktik menyambung kabel ini diadakan supaya mahasiswa lebih paham, karena selama ini kita hanya mendapat teori saja dan lebih ke software daripada hardware.”, tambah  Ryandi Widjaja.

I Putu Eka Juliantara , salah satu peserta  mengaku banyak mendapat manfaat. “Menurut saya workhop ini dapat menambah ilmu karena alat yang digunakan untuk belajar fiber optik tidaklah murah.”, bebernya.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post