Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Terbukti Melanggar UU Merek Hanya Divonis Denda Rp 15 Juta

Jalannya pembacaan vonis Selasa (14/2/2017)
SLEMAN (info-jogja.com) – Dua terdakwa perkara pemalsuan merek besi beton LL produksi  PT Tunggal Jaya Steel (TJS), Agus Sumanta dan Nunung Tri Sutanto divonis denda masing-masing Rp 15 juta oleh Majelis Hakim yang diketuai Ayun Kristiyanto SH di Pengadilan Negeri Sleman , Selasa (14/2/2017) sore.

Vonis  tersebut jauh lebih rendah  dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) , Jumadi SH yakni pidana denda Rp 25 juta pada sidang yang lalu.

“ Terdakwa terbukti melanggar Pasal 94 ayat (1) UU Nomor 15 Tahun 2001 tentang Merek,  barangsiapa memperdagangkan barang  jasa yang diketahui atau patut diketahui bahwa barang  tersebut merupakan hasil pelanggaran sebagaimana Pasal 91 dengan denda masing- masing Rp 15 juta apabila tidak dibayarkan diganti dengan kurungan selama 4 bulan, “ sebut Ketua Majelis di muka persidangan.

Vonis tersebut menurut majelis dengan mempertimbangkan beberapa hal yang meringankan dan memberatkan.

“ Hal yang memberatkan ,  perbuatan terdakwa merugikan pihak lain yakni    PT Tunggal Jaya Steel (TJS), adapun yang meringankan bahwa  para terdakwa mengakui perbuatan, berjanji tidak akan mengulang, belum pernah dihukum , menyesal dan merupakan tulang punggung keluarga, “ bebernya.

Usai ketok palu majelis , kedua terdakwa menyatakan menerima putusan, begitu pula dengan  JPU.

Sementara   legal office  PT Tunggal Jaya Steel (TJS), Budi Herlambang menyatakan kecewa dengan putusan ini.

 “ Putusan ini belum memberikan rasa keadilan. Untuk langkah hukum lainnya , kita masih menunggu salinan putusan ini,” singkatnya.

Perkara ini bermula  dari kecurigaan manajemen PT TJS setelah   mendapatkan informasi beredarnya  produk LL  yang diduga palsu  di wilayah DIY pada awal tahun 2016 , ternyata setelah dilacak  didapati gudang  di Jalan Raya Cangkringan Km 1,5 Tegalsari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman.

Dengan menyamar sebagai pembeli dan  akhirnya diperoleh  barang legal itu sebagai barang bukti  .  Kemudian PT TJS  melaporkan ke Polda DIY.  PT TJS merupakan pemegang hak paten  besi beton bermerek LL.

Penulis : Eko Purwono.

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post