Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Tanah Wakaf Bisa Juga Dimanfaatkan Sebagai IPAL Komunal

SLEMAN (info-jogja.com) -  Untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman materi  Nadzir Wakaf , Kantor Urusan Agama (KUA) bekerjasama dengan Bimbingan Masyarakat  (Bimas) Islam Kemenag Sleman menggelar kegiatan Pembinaan Nadzir Wakaf di KUA Tempel , Kamis (16/2/2017 pagi.


Diundang sebagai narasumber pada kesempatan itu   Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Sleman, Abdul Naim S.Ag dan Kepala KUA Tempel Ujang  Sihabudin S.Ag , diikuti peserta yang  berasal dari perwakilan KUA Tempel, KUA Turi, KUA Pakem dan KUA Cangkringan.

Narasumber Ujang Sihabudin (Kanan)

“Nadzir  wakaf yakni  pihak yang menerima harta benda wakaf dari Wakif untuk dikelola dan dikembangkan sesuai dengan peruntukannya demi kemaslatan umat, seperti untuk sarana ibadah dan pendidikan . Penerima bisa perorangan atau badan hukum yang menerima amanat sesuai perundangan yang berlaku,” jelas Abdul Naim.

Dirinya berharap acara semacam ini  dapat menambah wawasan  bagi nadzir. “ Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang nadzir dan wakaf, “ pintanya.

Sementara Ujang Sihabudin menambahkan bahwa jumlah tanah wakaf di Kabupaten Sleman dari data tahun 2016 sebanyak 2.812.

Peserta Pembinaan Nadzir Wakaf di KUA Tempel , Kamis (16/2/)

“ Total tanah wakaf di Sleman sebanyak 2.812,  sejumlah 2.742 telah bersertifikat  yang 70 belum. Sementara total luasnya 922.204 meter persegi. Sejumlah 2.763 sudah masuk entri data Siwak (sistem informasi  wakaf) , sedangkan 49 lokasi belum , “ bebernya.

Ditambahkannya, ada yang menarik dalam pengelolaan wakaf di wilayah KUA Tempel yakni dimanfaatkannya  wakaf bagi penunjang sarana sosial  untuk Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL).

“  Kita sedang memproses tanah wakaf  seluas 100 meter persegi  di Dusun Kadiirojo , Margorejo  ke BPN, nantinya akan dipergunakan sebagai IPAL Komunal, ini baru satu-satunya di DIY,“ pungkasnya.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post