Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Petani Warga Bantul Layangan Gugatan Praperadilan di PN Bantul

Ilustrasi Palu
BANTUL (info-jogja.com) – Budi Harjono ( 77) warga  Dusun Bakung RT 05  Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul layangkan gugatan Praperadilan kepada Kepala Kepolisian Resor (Kapolres)  Bantul  di Pengadilan Negeri  (PN) Bantul, Senin (27/2/2017).

Di hadapan  Hakim tunggal  Koko Riyanto SH Pemohon Praperadilan  melalui Penasehat Hukumnya,  Zulfikri Sofyan SH meminta kepada Majelis Hakim  untuk mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya. Selain itu juga memohon  untuk  menetapkan secara hukum penghentian penyidikan tidak dapat dibenarkan atau batal demi hukum.

“Memerintahkan kepada termohon untuk segera melanjutkan pemeriksaan perkara Laporan Polisi Nomor Pol : STPL/291/IX/2011/DIY/RES BTL  tersebut dengan pertimbangan bukti-bukti dan alasan hukum yang diajukan pemohon sebagai pelapor dalam perkara ini, “ sebut Zulfikri.

Perkara ini bermula laporan pemohon  ke Kepolisian  dengan bukti  Surat Tanda Penerimaan Lapor No. Pol: STPL/291/IX/2011/DIY/RES BTL tanggal 8 September 2011 tentang  memasukkan keterangan palsu ke dalam suatu akta  dan dengan sengaja menggunakan akta tersebut sebagaimana melanggar pasal 266 ayat (1) dan ayat (2) KUHP yang diduga dilakukan oleh terlapor M dan  NC.

“ Laporan  klien kami tersebut telah dilakukan penyelidikan berdasarkan  Surat Perintah Penyelidikan  dan juga telah dilakukan Penyidikan berdasarkan Surat Perintah Penyidikan dengan  memanggil  saksi, meminta keterangan ahli dan memeriksa bukti surat, “ jelasnya.

Setelah begitu lamanya proses penyidikan , akhirnya pada akhir tahun 2015 penyidik melakukan Penghentian Penyidikan dengan menerbitkan Surat Pemberitahuan Hasil Penyidikan Nomor B/320/XI/2015/Reskrim poin 2 huruf b menyebutkan bahwa selanjutnya rekomdasi gelar perkara tersebut penyidik tertanggal 12 Oktober 2015 menghentikan penyidikan terhadap perkara  dengan pertimbangan tidak cukup bukti .

“ Klien kami  berusaha  meminta salinan Surat Perintah Penghentian Penyidikan ( SP3 ), namun dijawab oleh Penyidik bahwa Pelapor tidak berhak menerima SP3 karena SP3 hanya untuk Jaksa Penuntut Umum dan Terdakwa. Karena merupakan pihak yang berkepentingan untuk mendapatkan kepastian hhkum kami berusaha memohon secara tertulis untuk diberi tembusan, salinan ataupun fotocopy SP3 perkara tersebut namun sampai saat ini kami belum menerima jawaban atas surat permohonan kami tersebut, “ lanjut dia.

Klien kami menjadi korban konspirasi kejahatan antara M dan NC. Sertifikat SHM nomor 5577 atas nama korban  dipindahtangankan secara sepihak. ” Sertifikat SHM klien kami dijadikan jaminan pinjaman di Bank Mandiri oleh NC dan berganti nama NC , padahal klien kami belum pernah merasa berhubungan dengan pihak bank, apa lagi bertemu dengan notaris M, hanya karena pinjaman uang sebesar Rp 35 juta , “ bebernya.

Lanjutnya  tindakan penyidik melakukan penghentian penyidikan dalam perkara ini    menunjukkan tidak  komitmennya   dalam memberantas kejahatan mafia tanah yang sering menimpa rakyat kecil  seperti ini .

“ Kita sudah berupaya memberikan  bukti-bukti baik bukti surat, keterangan saksi-saksi, keterangan ahli dan petunjuk serta  alat bukti tersebut sangat berkesesuaian   dengan perbuatan pidana yang dilakukan terlapor, namun tetap ditolak.  Adanya  penghentian  penyelidikan  tersebut yang kami jadikan dasar permohonan praperadilan  ini, “pungkasnya.

Sementara Biro Hukum Polda DIY , Heru Nur Cahya saat dikonfirmasi mengklaim penyelidikan dan penyidikan  sudah dilakukan dengan profesional.

 “ Proses penyelidikan dan penyidikan telah kita  lakukan secara profesional, atas perkara a quo tidak ditemukan cukup bukti adanya pemalsuan ataupun penempatan  keterangan palsu pada akta otentik atas laporan pemohon, “ jelasnya.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post