Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » KUA Tempel Terlibat Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Acara Launching Program Pemberdayaan Ketahanan Ekonomi Keluarga Berbasis Masjid
SLEMAN (info-jogja.com) – Menjadi KUA Teladan , itulah tekad  yang sedang dipersiapkan  Kantor Urusan Agama (KUA) Tempel, Kabupaten Sleman  dalam menghadapi kompetisi Lomba KUA Teladan tingkat DIY pada April 2017 mendatang.

Tak hanya berbenah pada  bentuk fisik bangunan kantor saja , beberapa inovasi unggulan dalam hal pelayanan kepada masyarakat  selalu digagas oleh  Kepala  KUA Tempel, Ujang Sihabudin , M. SI beserta jajarannya.

Sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi rakyat , KUA Tempel meluncurkan Program Pemberdayaan Ketahanan Ekonomi Keluarga Berbasis Masjid dengan melibatkan  Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas) Kabupaten Sleman   di Masjid Bustanul Arifin ,Lumbungrejo Tempel, Rabu pagi (8/2/2017).

“ Acara ini merupakan rangkaian kegiatan  dalam mempersiapkan lomba KUA Teladan tingkat DIY, sekaligus kita  lauching salah satu  inovasi unggulan dengan  menggandeng Baznas Sleman, karena program ini berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi , terutama bagi keluarga kurang mampu. Kita akan selalu berupaya melayani masyarakat secara optimal, “ beber Ujang.

Lanjutnya sementara ini dilibatkan 8 takmir masjid untuk mengelola program ini. “ Kita pilih satu masjid di tiap desa se-Kecamatan Tempel, selanjutnya masing -masing takmir tersebut akan  melaksanakan diklat yang digelar Baznas Sleman, “ jelasnya.

Kepala Kantor  Kementerian Agama Sleman , Zainal Abidin M. Pd.I mengapresiasi bentuk layanan tersebut dan mengharapkan dukungan masyarakat.

 “Dengan program pemberdayaan ekonomi berbasis masjid ini diharapkan dapat meningkatkan indek ekonomi masyarakat. KUA  hanya berperan sebagai inspirator dan penggerak saja ,tingkat keberhasilan ditentukan oleh peran masyarakat juga, “kata dia.

Dirinya berkeyakinan KUA Tempel akan tampil  sebagai juara KUA Teladan  asalkan  didukung masyarakat.

 “ Tentunya kita berharap masyarakat  mendukung program ini, terutama takmir masjid yang kita undang pada kesempatan ini, sehingga KUA Tempel tampil juara nantinya, “pintanya.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Sleman, Kriswanto M menyatakan program ini selaras dengan Baznas dalam penanggulangan kemiskinan dengan sasaran fakir miskin.

“ Zakat yang kita kelola akan dimanfaatkan dalam penanggulangan kemiskinan sejalan dengan program KUA ini. Zakat  akan disalurkan dalam bentuk  bantuan modal usaha dan pelatihan, diutamakan  bagi pemegang kartu keluarga fakir  miskin yang telah memiliki embrio usaha sehingga terangkat  kesejahteraannya, “ terangnya.

Berikut daftar masjid yang menerima penyaluran zakat dari Baznas : Al – Fatah dusun  Plambongan Banyurejo, At – Taqwa dusun Jalakan  Tambakrejo, Al –Huda dusun  Nglengkong Kidul Sumberejo, Al- Muhtadin dusun Ngentak Pondokrejo, Masjid Al Hikmah Karanggawang Mororejo,   Al-Mu’in Kemiri Margorejo , Baiturrohim  Kromodangsan Lumbungrejo dan Ash Shiddiq Gondanglegi Merdikorejo.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post