Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Buk Renteng Memutih Bebas Vandalisme

Aksi pengecatan di Buk Renteng.
SLEMAN (info-jogja.com) – Sebuah bentuk gerakan anti vandalisme  cinta   cagar budaya yang dinamai  Desa Budaya Banyurejo, Kecamatan Tempel , Kabupaten Sleman mengelar kegiatan pemutihan total cagar budaya Buk Renteng Van Der Wijck di Dusun Tangisan , Banyurejo , Senin pagi (6/2/2016).

Bangunan yang dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono IX   atau lebih   familier   disebut   Selokan Mataran dipercantik dengan pengecatan warna putih pada seluruh badan bangunan.

Irwan Darmanta selaku penanggung jawab kegiatan  aksi ini mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan aksi  kepedulian  menjaga cagar budaya  dari aksi vandalisme.

“ Dengan aksi ini kami berharap, buk renteng bersih dari vandalisme dan kedepan  bisa   dikembangkan sebagai  destinasi pariwisata. Kami mohon kepada pihak terkait untuk penambahan fasilitas , seperti  penerangan lisitrik yang optimal,” beber dia.

Sementara Camat Tempel Wildan Solichin S.IP , MT mengajak kepada masyarakat untuk selalu menjaga aset bangunan  bersejarah tersebut  .

” Kegiatan ini patut kita apresiasi, semoga ada kesadaran masyarakat , utamanya golongan muda untuk tidak mengotori bangunan buk renteng dengan coretan vandalisme maupun kotoran lainnya, “pintanya.

Ditambahkan Kepala Desa Banyurejo , Ruswantoro menyebut Buk Renteng Van Der Wijck sebagai warisan  budaya yang perlu dilestarikan. 

“ Buk renteng merupakan warisan dan budaya kebanggaan warga Sleman dan DIY,  patut  kita lestarikan dan jaga agar terjaga keindahanya, “ jelas dia.

Pengecatan   dilakukan secara serentak  pada bangunan yang berfungsi sebagai saluran air untuk irigasi itu. Nampak beberapa pejabat tanpa canggung mengecet bagian-bagian  bangunan itu.

Mereka antara lain Ketua DPRD Sleman , Haris Sugiharto diikuti jajaran pejabat Pemda  Sleman , Muspika Kecamatan Tempel, Pemdes Banyurejo , BPD Banyurejo ,Pemuda Dusun Tangisan, Pemuda Dusun Barongan ,  Karang Taruna  Banyurejo dan sejumlah komunitas.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post