Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Sukarno Pemohon Praperadilan Menderita Kerugian Immateriil Rp 5 Miliar Akibat Penahanan Oleh Kejari Sleman

Pembacaan permohonan praperadilan Sukarno , Kamis (8/12)
SLEMAN (info-jogja.com) -  Merasa  penahanannya  tidak sah , Sukarno (59 ), pensiunan PNS  warga  Desa  Tamanmartani, Kecamatan Kalasan  Sleman, layangkan permohonan praperadilan  terhadap Kepala Kejaksaan Negeri  (Kajari) Sleman.

Permohonan itu dibacakan melalui   kuasa hukumnya FX Yoga Nugrahanto SH dan Benedictus Wisnu HH SH dari kantor pengacara Oncan Poerba SH & Associates  Yogyakarta pada persidangan dengan hakim tunggal Hendri Irawan SH M Hum, Kamis (8/12/2016).

Pihaknya telah mengirim surat bernomor 88/OP.Adv./XI/2016 perhal agar pemohon tidak di tahan kepada Kejaksaan Negeri Sleman pada 29 November 2016.

“ Hingga 1 Desember 2016 surat tersebut tidak pernah ditanggapi  termohon , bahkan sengaja menyepelekan , sepertinya pura –pura tidak tahu , walaupun pemohon telah mempertanyakan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU)  , dan ternyata termohon langsung menahan , “ lanjutnya.

Seharusnya ada tanggapan yang baik karena berkara sedang diajukan praperadilan menyangkut penahanan dan penangkapan tidak sah serta penetapan tersangka tidak sah . Padal 303 ayat (1) ke-2 hanya dijadikan alat agar dapat ditangkap.

“Pemohon sangat keberatan dan tidak dapat menerima atas tindakan termohon Kepala Kejaksaan Negeri Sleman dengan mengeluarkan surat penahanan Nomor Print -3051/0.4.14/Ep.2/11/2016, “ ungkap Yoga Nugrahanto.

Tidak hanya itu, tambah dan Benedictus Wisnu HH akibat penahanan ini pemohon menderita kerugian materiil sebesar Rp 300 ribu setiap hari yang diperhitungkan sejak pemohon ditahan sampai dilepaskan.

“ Selain kerugian materiil Rp 300 per hari , pemohon merasa bingung , stres juga menanggung rasa malu dan nama baiknya tercemar sehingga mengakibatkan kerugian immateriil sebesar Rp 5 miliar, “ rincinya.

Pihaknya menilai penahanan pemohon di rumah Tahanan Negara Lembaga Pemasyarakatan Klas II B sejak tanggal 1 Desember 2016  hingga 20 Desember 2016 mendatang adalah cacat hukum dan tidak sah.

Sementara Pihak Kejari Sleman yang diwakili JPU , Retno Setyowati SH M Hum saat dikonfirmasi info.jogja.com dirinya  menyatakan akan segera menyusun jawaban . “ Seluruhnya akan kita sampaikan pada jawaban pada sidang besok, “sebutnya.

Sidang akan kembali dibuka  pada  Jumat (9/12)  pada jam 14.00 WIB dengan agenda penyampaian jawaban pihak termohon.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post