Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Adanya Alat Telekonferensi di Pengadilan Anak Sleman Anak Lebih Leluasa Beberkan Fakta

Uji coba   perangkat  Telekonferensi di Pengadilan Anak Sleman
SLEMAN (info-jogja.com) -  Uni Eropa melalui United Nations Development Programme atau UE – UNDP Sustain  pasang perangkat telekonferensi di ruang  Pengadilan Anak  yang berada di area Pengadilan Negeri Sleman. Alat pendukung peradilan anak ini diresmikan pemakaiannya , Senin pagi (5/12/2016).

Dalam Undang – undang 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak telah dijabarkan keadilan restoratif atau Restorative Justice dapat diartikan sebagai pemulihan keadilan bagi korban dan pelaku tindak pidana.

“ Keadilan restoratif justice , diartikan sebagai pemulihan keadilan dapat dilakukan dengan diversi tidak melalui jalan proses peradilan,    pengadilan dituntut  bisa menambah fasilitas terkait  sidang anak , salah satunya fasilitas telekonferensi juga   ruang sidang harus memenuhi ramah anak , ruang sidang tidak bersifat angker dengan nuansa krem  cerah  atau putih. Ruang tunggu desain bagus dan ada perpustakaan mini diruangan nyaman dengan toilet tersendiri, berbeda pelaku dewasa yang di dalam jeruji besi, “beber Sekretaris Pokja Perempuan dan Anak Mahkamah Agung (MA), Edi Wibowo SH kepada wartawan usai melakukan peresmian.

Lanjutnya ,dengan alat telekonferensi ini diharapkan anak  yang berhadapan dengan hukum tidak mengalami trauma secara psikologis , anak terbantu secara utuh dalam pengungkapan perkara tanpa rasa takut.

Dalam proses persidangan , wajah foto korban atau saksi anak  dapat terpantau di layar LCD di ruang sidang bawah , sedangkan anak tidak dapat melihat visual wajah  pelaku ataupun suasana dalam ruang persidangan, hanya sebatas mendengar suara.

 "Hakim, jaksa, penasehat hukum dan petugas bapas  dapat melihat  visual anak diruang lantai dua . Anak hanya mendengar suara saja dalam ruangan terpisah sehingga, menghindarkan ketakutan si anak kepada pelaku dengan keterangan yang bebas, sehingga keadilan kebenaran material dapat tercapai  " ungkapnya.

Dijelaskan juga oleh  Manajer Proyek EU-UNDP Sustain, Gilles Blanchi , PN Sleman  Sleman ditunjuk oleh Mahkamah Agung (MA) menjadi salah satu dari lima proyek percontohan pengadilan anak. Empat pilot project lainnya berada di PN Kupang , PN Setabat , PN Manado , dan PN  Cibinong .

"Ini adalah implementasi model pengadilan ramah anak di seluruh Indonesia. Ke depan, kami akan terus bekerjasama dengan pokja untuk mengembangkan pengadilan anak,"jelasnya.

Diperlukanoleh  peradilan Indonesia memprioritaskan kepentingan anak mengingat kasus kekerasan semakin genting. Belakangan, marak terjadi tindak kejahatan terhadap anak yang menempatkan mereka sebagai korban maupun saksi.

 “ Kebutuhan imperatif adalah tanggung jawab, termasuk aparat penegak hukum lainnya, untuk menjaga martabat pengadilan terutama dalam memfasilitasi peradilan anak,” jelasnya.

Dirinya berharap PN Sleman bisa menjadi percontohan dalam pengadilan anak di Indonesia. “ Melalui program ini diharapkan PN Sleman dapat menjadi mercusuar daham hal peradilan anak sebagai peradilan ramah anak.” harapnya.

.
Ditambahkan Ketua PN Sleman Andreas Purwantyo bahwa  gedung pengadilan anak Sleman menempati tanah dengan status pinjam pakai  dengan Pemda Sleman.

 “ Tanah yang dipakai gedung tersebut dalam status pinjam pakai mulai 8 Februaru 2010, itu merupakan tanah kas desa dan masih dalam proses pembebasan, dengan total total tanah 736 meter persegi dan luas bangunan 189 meter persegi, “ tambahnya.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post