Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Mangkir Saksi di Sidang Ajudikasi , Majelis KI Tetap Akan Undang Bupati Sleman Pekan Depan

Jalanya Sidang Ajudikasi, Selasa (8/11/2016)

YOGYAKARTA (info-jogja.com) – Majelis Komisioner Komisi Informasi (KI) Daerah Istimewa Yogyakarta urung mendengarkan   keterangan  Bupati Sleman Sri Purnomo pada sidang ajudikasi  di Aula Diskominfo DIY, Selasa pagi (8/11/2016).

Bupati Sleman  dipanggil KI DIY sebagai saksi perkara sengketa informasi nomor  013/IX/KIDIY-PS/2016  dengan  pemohon Agus Artadi warga Cokrodiningratan Jetis Yogyakarta melawan  termohon  Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Sleman namun urung datang.

 Majelis tetap memeriksa dua saksi lainnya yakni Ali staf Seksi  Sarana, Usaha Jasa Pariwisata dan Perfilman  Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman  dan pihak  Satpol PP Sleman yang diwakili  Hardianto.

Menurut majelis pemanggilan saksi ini perlu karena  berkaitan langsung dengan proses diterbitkanya izin ganguan (HO) Hotel Premier Inn Satoria di dusun Corongan  Maguwoharjo Depok  Sleman.

Pihak termohon datang  diwakili tim kuasa hukum yang  diketuai Ipoeng Purwati, menurutnya Bupati tidak datang karena sedang  ada tugas . " Bupati tidak bisa hadir dikarenakan masih ada tugas yang tidak bisa ditinggalkan, sebenarnya sudah dikuasakan kepada Kabag Humas selaku Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi namun keduanya belum bisa datang ,"terangnya.

Sedangkan Menurut saksi  Hardianto   dirinya mengaku ikut dalam tim  cek lokasi. “ Saya ikut tim tinjau lapangan yang dipimpin Pak Putu , di berkas persyaratan sudah  lengkap ,  dalam ada tanda tangan dukuh Corongan, kepala desa Maguwoharjo dan camat Depok  serta  dilengkapi berita acara tinjau lokasi , dan memang ada surat pernyataan dari pihak hotel serta ada satu  bagian surat permohonan yang tidak ditandatangani ,” jelasnya.

Menangapi ketidakhadiran Bupati Sleman , hakim memerintahkan panitera Winarni SH untuk pemanggilan kembali

 “Karena termohon berdalih dengan   Keputusan Bupati Sleman Nomor 53 Tahun 2016 , informasi yang diminta pemohon termasuk yang dikecualikan  sehingga tidak bisa diakses secara umum ke publik maka kami perlu mendengar keterangan Bupati,” beber ketua Majelis Komisioner ,  Martan Kiswoto di muka persidangan.

Selain itu majelis masih  memerlukan keterangan dukuh Corongan, Kepala Desa Maguwoharjo dan Camat Depok.” Karena waktu sidang dibatasi waktu ,kepada panitera  kita minta segera  dibuatkan lagi  undangan kepada Bupati Sleman tembusan Gubernur DIY , juga undangan untuk  dukuh, kepala desa dan camat, “ pintanya.

Terungkap pula di persidangan ada surat pernyataan dari petinggi hotel    yang disertakan  dalam   berkas kelengkapan  pengajuan  izin gangguan . “ Saya belum pernah dihubungi  pihak hotel, apalagi menawarkan tanah saya dengan harga tidak wajar,  tahu-tahu HO telah terbit dan hotel beroperasi, padahal tanah SHM saya berbatasang langsung dengan bangunan hotel,” ungkap Agus.

Seperti pernah diberitakan  info-jogja.com, Agus  merasa belum pernah dihubungi pihak hotel dalam proses penerbitan HO padahal dirinya   pemilik tanah yang lokasinya tepat di belakang bangunan  hotel sehingga Agus  menginginkan informasi rinci  mengenai proses terbitnya HO itu.

Namun pihak  BPMPPT berpendapat informasi tersebut tidak dapat diakses umum karena dibatasi  regulasi. Akhirnya pemohon mengajukan pendaftaran  sengketa informasi  KI DIY pada 31 Agustus 2016 . Sidang akan kembali digelar pada Senin  ( 14/11) pekan depan.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post