Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Pemerintahan Republik Timor Leste Pelajari Sistem Tansportasi Cerdas Indonesia


Direktur Transportasi Darat Kementerian Pekerjaan Umum , Transportasi dan Komunikasi Pemerintah Republik  Timur Leste  , Natalino  De Rosario
SLEMAN (info-jogja.com) –Sejumlah pejabat Kementerian Pekerjaan Umum , Transportasi dan Komunikasi Pemerintahan Republik Timor Leste mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) Trafficlight  dan Marka Jalan  yang digelar oleh lembaga diklat  World Edupartner (WEB)   di Wisma MM UGM Yogyakarta , 13 – 23 November 2016 .

Pemerintahan Republik Timor Leste   sebelumnya telah menjajaki kerjasama  tersebut dengan World Edupartner (WEB)   dalam hal ini PT Qumicon Indonesia ,perusahaan dan penjual Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL).

“ Kami    telah melakukan  kontrak kerjasama dengan PT Qumicon dalam hal  diklat instalasi, troubel shooting dan perbaikan pada peralatan lampu jalan dan marka jalan . Kali ini kita kirim 5 orang dari  staf senior inspection, staf direktorat transportasi darat , penanggungjawab seksi IT , kepala bagian traffic – terminal dan staf trafigo dan saya sendiri untuk mengikuti diklat  selama 10 hari,” terang Direktur Transportasi Darat Kementerian Pekerjaan Umum , Transportasi dan Komunikas Pemerintah Republik  Timur Leste  , Natalino  De Rosario kepada sejumlah wartawan , Senin (14/11/2016).

Lebih lanjut diklat ini lebih ditekankan pada bagian lalu lintas karena   semakin meningkatnya volume kendaraan.” Penekananya lebih pada bagian lalu lintas, materi ini dapat diterapkan disana, karena saat ini ada kecenderungan terjadi kemacetan terutama di kota Dili dan kota Bakau  , ada peningkatan volume kendaraan  saat ini mencapai 150 ribu,” jelasnya.

 Kenyataannya sekarang ini, kata dia lagi, jumlah trafficlight ada 12 titik .” Jumlah 12 titik trafficlight yang dibangun dua tahun yang lalu  dengan anggaran 600 ribu US ,secara kuantitas dirasa masih kurang ,  kedepan telah direncanakan  untuk penambahan 5 titik baru,”ungkap dia.

Setelah mengikuti kegiatan ini harapnya dapat diaplikasikan di Negaranya. “ Pengetahuan dan wawasan  ini diharapkan dapat diterapkan di sana sehingga managemen lalu lintas akan lebih sempurna,” harapnya.

Sebagai keynote speaker  pada  pembukaan diklat, Prof DR Ing Ir Ahmad Munawar M.Sc  menerangkan pentingnya managemen  transportasi terkini , masalah dan solusinya.

 “Kita paparkan pentingnya sistem tansportasi  cerdas kepada peserta diklat, kita kenalkan  Intelligent Transport System (ITS) yakni sistem pengendalian lalu lintas terkoordinasi  terpusat di central control room  yang telah diterapkan diberbagai kota di Indonesia seperti Solo, Palembang, Pekanbaru,  “ jelasnya.

Sementara  Direktur WEP, Arif L. Hakim menjelaskan bahwa materi  hari ini khusus mengenai rekayasa lalu lintas di persimpangan . “WEB , PT Makarya Mandiri sebagai lembaga diklat dipercaya oleh Pemerintahan Republik Timor Leste untuk melaksanakan kegiatan ini, pada hari pertama ini khusus  dibahas mengenai  rekayasa lalu lintas di persimpangan,  peserta diklat bisa langsung mengunjungi pihak produsen  yakni PT Qumicon Indonesia, “ jelas dia.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post