Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Ormas Menjadi Kunci Sukses Dalam Kehidupan Masyarakat

Suasana Musyawarah Nasional VIII LDII
JAKARTA (info-jogja.com) - Kemerdekaan Indonesia tidak terlepas dari peran organisasi kemasyarakatan. Sejak tahun 1908, masyarakat kala itu sudah memiliki kesadaran berkumpul dan berserikat, dengan aspirasi untuk mencapai kemerdekaan.

Seperti  diungkapkan  Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Pemerintahan, Suhajar Diantoro pada press release yang diterima info-jogja.com dalam pemaparan materi Munas ke-8 Lembaga Dakwah Islam Indonesia yang dihelat di Balai Kartini di hari kedua.

“Apabila kita membaca sejarah Kemerdekaan Indonesia, yang menggerakan kemerdekaan adalah ormas. Lahirnya organisasi Budi Utomo, Sarekat Islam, Jong Java, dan sebagainya adalah motor penggerak kemerdekaan. Ini yang seharusnya terus menerus kita gemakan untuk mengisi kemerdekaan,” ujarnya.

Indonesia menempatkan kedaulatannya di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut undang-undang. Sebagaimana cita-cita yang hendak dicapai ormas terdahulu sejak 1908, tertera dalam UUD 45 alinea ke empat.

“Nyamuk saja tidak boleh menggigit rakyat kita, apalagi yang lain-lain. Kedaulatan, kesejahteraan, perlindungan, dan pelayanan kepada masyarakat merupakan tujuan negara,” ia menambahkan.

Agar tujuan negara dapat terwujud, ada fungsi pemerintahan yang harus dijalankan. Lanjutnya , pertama, negara harus menjalankan fungsi pelayanan yang berkeadilan. Kedua adalah pembangunan yang berujung pada kemandirian. Ketiga adalah peraturan dan regulasi yang bertujuan melahirkan ketertiban masyarakat. “Jika semua tak berujung pada ketertiban, maka ada yang salah dengan negara,” ujarnya.

Seiring dengan bergulirnya Undang-undang desentralisasi, peran ormas semakin menguat. Menurut Suhajar, ormas menjadi kunci sukses dalam kehidupan masyarakat di tiap daerah. Ia menambahkan, urusan pemerintah pusat yang diserahkan kepada pemerintah daerah akan mempercepat tujuan bernegara.

“Semakin berkualitas pemimpin daerah maka suatu daerah akan semakin maju. LDII ikut bertanggung jawab mendidik rakyat agar memilih pemimpin yang baik untuk melahirkan kepala daerah yang ingin membangun daerah. Ormas terbentuk dan diatur oleh pemerintah karena ada kesamaan aspirasi dalam partisipasi membangun negara berdasarkan Pancasila. Tujuan organisasi bersamaan dan beririsan dengan tujuan negara,” katanya.

Dengan memberikan pelayanan kepada anggota, ormas menjadi penghubung terhadap akses kekuasaan ekonomi, politik, dan budaya, serta menjaga nilai agama – bagi ormas yang berideologi agama. Ormas dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi cita-cita negara.

“Kita harus menjaga, memelihara, dan memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa serta membantu mewujudkan tujuan negara. Jika anggota LDII penghasilan anggotanya mampu menghidupkan kebutuhan sehari hari, maka tujuan bangsa telah terwujud,” pungkas dia.

Pemulis : Tim/Mar/Eko

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post