Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Jak-Jek Siap Antar BB Gratis

Wakil Gubiernur DIY Sri Paduka Paku Alam X didampingi Kajati DIY Tony T Spontana 
YOGYAKARTA (info-jogja.com) – Inovasi layanan di Kejaksaan Tinggi (Kejati)  DIY diluncurkan , Senin pagi  (21/11/2016) di halaman Kantor Kejati DIY Yogyakarta.  

Merespon Paket Kebijakan Reformasi Hukum Berbagai inovasi terkait pelayanan publik terus diciptakan. Mulai  sistem pembayaran tilang online dan aplikasi monitoring penanganan perkara yang dilincurkan lalu. 

Yang teranyar  digagas  program Jak-Jek yakni pengantaran barang bukti  yang telah inkrach oleh petugas kejaksaan dengan gratis,  Jak-jek telah siap seluruh wilayah hukum kejaksaan negeri di DIY. 

Tak hanya itu , pada kesmpatan yang sama dikenalkan pula Sijoli yang merupakan singkatan dari Sistem Ijin Online, sistem izin besuk tahanan online, ini merupakan satu-satunya inovasi dan pertama kali, saat ini mulai  dipakai  di Kejari Sleman. Sistem ini diintegrasikan dengan Lapas Narkoba Pakem, Lapas Wirogunan, Lapas Cebongan, dan Lapas Anak di Gunungkidul.

Menurut Kepala Kejaksaan Tinggi DIY, Tony T Spontana SH berbagai layanan ini dibuat untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, selain juga menekan kemunginan terjadi pungutan liar.

 “  Seluruh inovasi ini untuk berikan kemudahan kepada masyarakat, gagasan awal peluncuran program Jak-Jek atau jaksa ngojek setelah melihat banyak barang bukti yang menumpuk di gudang, padahal perkaranya sudah berkekuatan hukum tetap. Barang bukti (BB) akan dikembalikan kepada pemilik langsung ke alamat rumah bersangkutan, “ jelasnya.

Petugas Jak-Jek menurutnya, mengendarai motor  dilengkapi jaket bertuliskan Jak-jek  dan helm ciri khas kejaksaan. 

“Sementara ini ada  20 unit kendaraan roda dua , armada  itu merupakan kendaraan dinas di kejaksaan , ada 10 di  Kantor Kejati DIY 10 unit  dan lainya di masing-masing kejari.
Sebelumnya sudah diluncurkan layanan antar BB  dengan menggunakan mobil  .Layanan antar BB dengan mobil telah kita jalankan sementara baru ada di Sleman dan Bantul, karena penggadaan mobil baru bisa direalisasikan di kedua kejari itu,”ungkapnya.

Ke depan akan dikembangkan pula  mobil pelayanan hukum keliling akan dikembangkan menjadi sarana penyampaian aduan masyarakat. Fasilitas lain yang dapat dinikmati lewat layanan keliling ini diantaranya perpustakaan hukum, penyuluhan hukum, dan tilang online.

Berbagai inovasi itu disambut baik oleh  Wakil Gubiernur DIY Sri Paduka Paku Alam X saat menghadiri acara itu.” Semoga  inovasi tersebut  mendukung pembangunan, terutama di sektor hukum, “ harapnya.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post