Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Cuaca sering kali menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan, tak terkecuali saat hujan tiba, terkadang hujan menyebabkan jalanan menjadi licin dan tergenang, sehingga membahayakan saat berkendara, terutama bagi pengendara sepeda motor. Untuk itu Info-Jogja.com memberikan tips berkendara aman saat hujan tiba.

Berikut beberapa tips aman berkendara di saat hujan tiba:

Tetap Fokus dan Konsentrasi
Ini merupakan hal yang paling utama, fokuslah pada kondisi jalan dan pengguna jalan lain. Dengan fokus maka respon Anda terhadap kondisi jalan atau pengguna jalan lain akan baik dan menjaga Anda dari hal yang tidak diinginkan.

Gunakan Mantel Yang Nyaman dan Berwarna Cerah
Jika Anda  menggunakan mantel yang kurang nyaman maka akan mengganggu konsentrasi Anda dalam berkendara. Jika dirasa kurang nyaman maka berhentilah sejenak dan perbaiki yang membuat Anda tidak nyaman. Dan gunakan mantel yang berwarna cerah agar terlihat oleh pengendara lain yang ada di belakang Anda.

Perhatikan Kondisi dan Tekanan Ban
Segera ganti ban jika kondisi ban sudah gundul dan gunakan tekanan ban yang standar, karena jika ban sudah gundul, hal ini berbahaya karena ban sudah kehilangan daya cengkramnya terhadap aspal sehingga dapat menyebabkan terjadinya motor tergelincir.

Nyalakan Lampu Kendaraan 
Karena lampu dapat membantu Anda melihat di jarak pandang yang terbatas karena hujan. Dan juga dengan menyalakan lampu, pengendara dari lawan arah dapat melihat, hal ini juga dapat membantu pengendara lain agar waspada.

Kurangi Kecepatan
Hal ini sangat penting karena menggunakan kendaraan dengan kencang pada kondisi jalan dan cuaca yang buruk adalah tindakan yang bisa merugikan. Yang biasanya terjadi adalah tergelincir karena licinnya jalan dan resiko rem mendadak.

Menepilah Jika Hujan Lebat
Hujan lebat biasanya akan mengurangi jarak pandang dan kenyamanan dalam berkendara maka dari itu menepilah jika memungkinkan dan menunggu hujan sedikit reda.

Jangan Sembarang Menerobos Genangan Air
Karena Anda tidak tahu kedalamannya. Hal ini bisa mengakibatakan kendaraan Anda mogok atau terperosok ke dalam lubang yang mungkin ada di dalam genangan air tersebut.

Hindari Pengereman Mendadak
Kondisi jalan saat hujan akan sangat licin terlebih lagi jika banyak pasir dan debu, maka dari itu Anda harus pelan dalam menekan pedal rem karena kondisi aspal berbeda dengan saat kondisi aspal kering dan panas.

(s) img: nsbattery

About Admin Info Jogja

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post