Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » » » Tingkatkan Layanan ,Kejari Sleman Segera Luncurkan Sistem Besuk Tahanan Online

Kajari  Sleman Dyah Retnowati Astuti SH MH didampingi Kasi Pidum ) Kejari Sleman  Hafidi SH menunjukkan contoh aplikasi sistem besuk online.
SLEMAN (info-jogja.com)-Setelah dilaunching sistem tilang online beberapa waktu lalu , kali ini Kejaksaan Negeri (Kejari)  Sleman kembali berinovasi  dengan akan diluncurkannya sistem besuk tahanan online dalam waktu dekat. 

Ini dilakukan sebagai  upaya  meningkatkan pelayanan kepada masyarakat juga menekan terjadinya pungutan liar (pungli)yang dimungkinkan terjadi.

”Untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan meminimalisasi terjadinya pungli , Kejari Sleman akan meluncurkan sistem besuk on line, kerabat atau keluarga yang ingin membesuk tahanan tidak perlu terlalu lama menunggu antri  sehingga waktu kunjungan akan lebih longgar  , sebentar lagi akan kita luncurkan ,”jelas Kepala Kejari  Sleman Dyah Retnowati Astuti SH MH kepada wartawan di kantornya, Kamis (20/10/2016).

Nantinya lanjut Dyah masyarakat tidak perlu lagi mendatangi kantor kejaksaan untuk pengurusan surat  ijin besuk.

” Masyarakat tidak perlu datang, cukup mendaftarkan melalui SMS, dengan aplikasi Android atau  melalui website. Setelah pengisian   data registrasi berupa  nama pembesuk, hubungan keluarga, nama tahanan dan tanggal rencana besuk , data divalidasi dioperator sehingga didapatkan izin besuk melalui perangkat HP,” bebernya.

Pembesuk cukup menunjukkan bukti izin besuk berupa nomor kode tiket dari operator  Kejari Sleman  dalam HP.

 “ Cukup menunjukkan  HP yang berisi nomor kode tiket teregister untuk ditunjukkan kepada petugas lapas beserta KTP, dan perlu diketahui bahwa jumlah  pembesuk dibatasi  maksimal  5 orang ,” kata dia.

Diakuinya SDM untuk menjalankan sistem ini telah siap. “ Operator untuk mengoperasionalkan sistem ini telah kita siapkan. Ini baru satu-satunya di Indonesia dan Kejari Sleman akan menjadi proyek percontohan untuk Kejaksaan lainnya.  Kita juga mohon dukungan dari Pemda setempat untuk menerapkan  inovasi ini. Sebelum sistem on line ini ada sekitar 100 pemohon besuk setiap bulannya, “pungkasnya.

Ditambahkan Kepala Seksi  Pidana Umum (Kasi Pidum ) Kejari Sleman , Hafidi SH server akan terkoneksi dengan rutan. “ Nantinya sistem ini akan terkoneksi dengan tiga rutan yakni Rutan Cebongan , Rutan Wirogunan dan Rutan Pakem, dengan sistem ini diharapkan masyarakat dapat terlayani dengan cepat,” tambah mantan Kasi Datun Kejari Tenggarong kepada awak media.

Tata cara pengisian data pemohon  untuk SMS dengan format REG#NamaPembesuk#Hubungan Keluarga#Nama tahanan# Tanggal rencana Besuk dikirimkan ke sms center , nantinya pemohon akan dikirimi Kode Tikat dari SMS Center.

Untuk pengguna Aplikasi Android , pembesuk mendowload Aplikasi Kejari Sleman kemudian mengisi Aplikasi Permintaan Besuk Tahanan lalu memasukkan nomor HP selanjutnya akan dikirim nomor Kode Tiket.

Cara ke tiga dengan menggunakan Website, pembesuk memesukkan alamat website besuk tahanan Kejari Sleman kemudian mengisi formulir sampai selesai dan di klik submit maka akan muncul masukan nomor HP pembesuk maka dari SMS center akan dikirim Kode Tiket.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post