Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » PPM-UAJY Adakan Workshop Penulisan Proposal Pengabdian Pada Masyarakat



SLEMAN (info-jogja.com) - Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bentuk dari penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dalam rilis  yang diterma info-jogja.com  disebutkan bahwa pengabdian berbeda dibandingkan dengan penelitian, pengabdian kepada masyarakat menjadi masyarakat sebagai mitra abdimas. Upaya dalam peningkatan kualitas Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), LPPM-UAJY mengadakan workshop yang berlangsung di Auditorium IV (Auditorium FISIP), Just (14/10/2016).

Kegiatan workshop diikuti oleh dosen dari berbagai fakultas di UAJY  dengan menghadirkan pembicara dari Tim Ahli LPPM-UAJY. Dua pembicara pada kegiatan tersebut adalah Ir. Gatot Murdjito, MS. dan Dr. Ir. Y. Djarot Purbadi, MT.

Pelaksanaan pengabdian pada masyarakat dilakukan melalui program, yang mencangkup situasi, tujuan yang ingin dicapai, masalah yang hendak dipecahkan serta cara pemecahan masalah.

“Pengabdian bukan proyek, pengabdian harus disesuaikan dengan kondisi wilayah, budaya  serta komunikasi dengan masyarakat” kata Gator.

Tahapan yang dilakukan dalam menjalankan pengabdian pada masyarakat di antara analisa situasi masyarakat, identifikasi masalah, menentukan tujuan kerja secara spesifik, rencana pemecahan masalah, pendekatan sosial, pelaksanaan kegiatan, evaluasi dan hasil.

Bentuk program pengabdian masyarakat terbagi menjadi lima, di antaranya Pengabdian pada Masyarakat, Pelayanan pada Masyarakat; Pengembangan Hasil Penelitian, Pengembangan Wilayah Secara Terpadu dan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Penulisan proposal pengabdian masyarakat diperlukan untuk menampilkan maksud, tujuan dari ide atau gagasan pengabdian masyarakat dan pentingnya dilakukan pengabdian masyarakat. Dr. Ir. Y. Djarot Purbadi, MT.  menyampaikan dalam penulisan proposal perlu juga memunculkan perumusan permasalahan, metode kegiatan serta perkiraan dari output, outcome dan dampak.

"Ke depannya diharapkan melalui acara workshop ini, pengabdian masyarakat banyak dilakukan dan berkontribusi bagi masyarakat sebagai mitra dan tim abdimas," tutupnya.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post