Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Hilarius SH : Divonis 2 Tahun Pasal Berbeda Dari Tuntutan Jaksa, Kami Tetap Menghargai Pendapat Hakim

Terdakwa Sigit saat mendengarkan vonis Majelis Hakim yang diketuai  RR  Roro Endang Dwi Handayani SH
SLEMAN(info-jogja.com) - Satu lagi petinggi eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) diganjar 2 tahun penjara  oleh Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Senin (17/10/2016). Sebelumnya dua terdakwa Eko Purnomo dan Veni Orinanda telah divonis pada nomor perkara yang berbeda.

Sigit Wibowo dinilai Majelis Hakim yang diketuai RR  Roro Endang Dwi Handayani SH terbukti sah dan meyakinkan telah melarikan perempuan dengan tipu muslihat dan kebohongan seperti didakwakan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“ Terdakwa terbukti  melanggar dakwaan ke dua Pasal  322 ayat 1 ke-2 jo Pasal 55   KUHP ,sehingga mengesampingkan dakwaan pertama  Pasal 328 KUHP, akibat perbuatan korban mengalami kesengsaran, kelelahan dan keguncangan mental akibat  tipu muslihat dan kebohongan yang dilakukan terdakwa,”kata Ketua Majelis saat membacakan putusannya.

Putusan tersebut dengan mempertimbangkan beberapa hal  memberatkan dan hal yang meringankan terdakwa.”Hal yang memberatkan   karena perbuatan ini merugikan orang lain , meresahkan dan berbelit-belit dalam memberikan keterangan. Hal yang meringankan terdakwa belum pernah dihukum dan masih berusia muda,”lanjutnya.

Vonis perkara  bernomor 311/Pid.B/2016/PNSmn itu  berbeda dengan pasal yang dituntut JPU .Pada sidang lalu JPU melayangkan tuntutan  6 tahun penjara bagi terdakwa dengan Pasal 328 KUHP pada dakwaan ke satu.

Salah satu JPU yang menghadiri sidang Hesti Tri Rejeki SH terhadap putusan itu menyatakan pikir-pikir. “Kami menyatakan pikir-pikir atas putusan itu, “singkatnya kepada wartawan usai sidang ditutup.

Sedangkan Ketua Tim Penasihat hukum terdakwa, Hilarius Ng Merro SH mengatakan akan berunding dengan kliennya.” Atas putusan itu  akan konsultasi dulu dengan klien kami , apakan akan banding atau tidak,”katanya.

Tambahnya putusan ini sangat berbeda dengan apa yang dituntut jaksa.” Pada tuntutan jaksa menerapkan Pasal   328 KUHP ,namun hakim malah vonis dengan pasal di dakwaan ke dua yakni Pasal 332 KUHP,  sebenarnya itu kan fakta untuk perkara Eko dan Veni ,intinya kita tetap menghargai  pendapat hakim,” tambahnya.

Pihaknya juga  menyayangkan  tidak ditemukanya bukti surat pengaduan bermaterai dari suami dr Rica dalam berkas. Yang ada pada  pihak kuasa hukum hanya laporan polisi dengan terlapor Eko  dan Veny.” Sebenarnya itu kan perkara nya Eko dan Veni,sedangkan klien kami tidak dilaporkan oleh pelapor” tutupnya.

Dalam dakwan JPU disebut Sigit berperan dalam upaya eksodus dr Rica Tri Handayani ke Mempawah Kalimantar Barat untuk mengikuti program ketahanan dan kemandirian pangan ormas Gafatar. Dirinya mengajak dr Rica melalui bandara Adisucipto beserta Eko, Veni dang empat orang lainya keseluruhanya berjumlah 7 orang pada Desember 2015.
Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post