Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Bikin Sabun Ternyata Tak Sulit, Bahkan Lebih Aman Dipakai

Contoh sabun padat buatan sendiri
SLEMAN (info-jogja.com)- Sabun merupakan salah satu produk kebutuhan primer masyarakat. Bahan tersebut identik digunakan untuk mencuci dan membersihkan suatu benda baik pakaian, perabotan maupun tubuh . Umumnya terdiri atas dua macam yakni  sabun padat dan cair. 

Namun bahan untuk membuat sabun cair dan sabun padat tentunya berbeda , kalau  sabun padat  menggunakan senyawa NaOH (Natrium hidroksida atau soda api) sedangkan sabun cair digunakan KOH (Kalium hidroksida) . Proses pembuatan sabun yang berlangsung dengan mereaksikan asam lemak atau  minyak dengan senyawa alkali (NaOH dan KOH)dalam bahasa ilmiahnya disebut saponifikasi.

Membuat sabun ternyata tidaklah sulit seperti yang dibayangkan bahkan  bahan bakunya  cukup mudah diperoleh. Hanya membutuhkan senyawa alkali dan minyak sebagai bahan baku utama serta pewangi dan pewarna sebagai bahan tambahan agar lebih menarik.Bahan tambahan tidak harus kita tambahankan dalam pembuatan sabun. Jika kita hendak menambahkan pewangi dan pewarna bisa kita tambahkan pada face trace yaitu campuran bahan dari cair ke kental dengan bantuan mixer.

Bahkan cara pembuatannya sangat simpel dan bisa kita buat di rumah  dengan biaya yang sedikit serta waktu yang cukup singkat,  hanya waktu  sekitar 30 menit saja  .Setelah melewati face trace dan pencampuran bahan tambahan kita tuangkan adonan dalam cetakan yang tersedia.

Kemudian didiamkan dalam cetakan selama 24 jam dengan tujuan agar campuran  padat , ini untuk sabun padat .Lalu  dikeluarkan dari cetakan, perlu potongan lebih kecil menurut  selera. Sabun padat tersebut belum bisa langsung  digunakan, harus sabar menunggu 2 minggu, untuk menghilangkan  senyawa alkali yang  bersifat iritasi dikulit dan menyebabkan gatal. Itulah salah satu  sebab masyarakat lebih memilih sabun di buatan pabrik bisa langsung dipakai.

Namun perlu diketahui bahwa sabun buatan sendiri ternyata lebih aman karena sangat minim dalam penggunaan bahan kimia berbahaya sehingga baik bagi  kesehatan kita dalam jangka panjang selaini itu sabun produk sendiri ternyata lebih nyaman saat digunakan.

Penggunaan zat kimia NaOH tersebut  tidaklah menjadi masalah untuk kulit  karena NaOH sendiri sebagai bahan dasar pembuatan sabun padat dan mampu mengangkat kotoran di kulit.Sedangkan perbedan  antara sabun padat dan cair dapat  dilihat pada proses  kelarutannya dalam air, sabun cair lebih mudah larut sedangkan sabun padat lebih sulit larut di air.

Penulis : Radita Irawati Puspitajati (Siswi SMK Kesehatan Sadewa)

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post