Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Umur Kadaluwarsa Kosmetik


Kosmetik telah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan wanita. Penggunaan kosmetik yang cocok dapat membantu menutupi kekurangan wajah dan menonjolkan kelebihan dari wajah, sehingga pemakainya kelihatan lebih cantik. Namun ternyata Anda juga harus memperhatikan umur dari kosmetik Anda, karena kosmetik dapat kedaluwarsa. Zat yang digunakan sebagai pengawet pada kosmetik setelah jangka waktu tertentu akan habis atau tidak memberikan manfaat lagi. Pada saat inilah kosmetik dikatakan kedaluwarsa. 


Berikut masa kadaluwarsa masing-masing produk kosmetik :

Eyeliner (3 tahun)
Eyeliner yang kadaluarsa biasanya sudah kering atau menggumpal. Masa pakai eyeliner cair biasanya hingga 4 bulan, sementara eyeliner pensil masa pakainya cukup awet, mencapai tiga tahun. Jika eyeliner berbentuk pensil, dia harus diraut agar bakteri tidak tinggal tertanam di ujung. Jika eyeliner berbentuk cair atau spidol, pastikan Anda menutup eyeliner tersebut setelah Anda memakainya. 

Foundation (water-based, 12-16 bulan) 
Sama seperti kosmetik lain yang berbahan dasar air, water based foundation (WBF) cenderung lebih mudah dihinggapi bakteri. Jika  WBF mengering sebelum waktu kadaluarsa umumnya, jangan gunakan air untuk mencairkannya karena bisa jadi ada bakteri dalam air. Sebaiknya gunakan beberapa tetes alcohol-free toner yang dibeli di konter kosmetik resmi.

Foundaton (oil-based, 18-24 bulan)
Lebih awet dari water-based foundation karena minyak membantu mempertahankan daya tahan jadi lebih lama. Namun, perhatikan bila foundation sudah terpisah jadi dua bagian (minyak tampak terpisah dari cairan foundation) dan warnanya sudah tidak jernih, artinya foundation sudah tidak layak pakai. 

Blush On (2 tahun)
Blush on atau perona pipi merupakan pemberi warna cerah pada bagian pipi, sehingga membuat Anda tidak terlihat pucat. Ciri-ciri blush on yang sudah tidak aman dipakai yaitu warnanya yang terlihat kusam dan kelabu. Blush on bubuk biasanya dapat bertahan hingga 2 tahun, sementara blush on krim dapat bertahan dari 6 bulan hingga 1 tahun.

Lipstik (2-4 tahun)
Tanda-tanda jika lipstik sudah tidak layak pakai, antara lain aromanya yang sudah mulai berubah menjadi apek, teksturnya berubah seperti mencair dan meleleh, dan tidak lagi dapat menempel maksimal di bibir. Jika lipstik Anda sudah mengalami tanda-tanda ini, ada baiknya Anda membuangnya. 

Maskara (3 - 6 bulan)
Maskara merupakan produk kosmetik yang memberikan efek menebalkan bulu mata dan membuat mata terlihat lebih lentik. Namun, maskara juga tempat ternyaman untuk bakteri berkembang. Kondisi fisik maskara yang sudah tidak "sehat", yaitu mulai berbau busuk seperti gas, dan teksturnya mengering dan berubah. Jika menggumpal, maskara mudah masuk dan mengiritasi mata.

Eyeshadow (3 - 5 tahun)
Beberapa eyeshadow berkualitas baik dapat bertahan sekitar 3 - 5 tahun. Namun, pastikan untuk selalu membersihkan dan mengganti kuasnya dengan teratur. Minimal setahun sekali. 

Bedak tabur (2 tahun)
Bedak tabur tidak mengandung air, sehingga lebih awet dan tidak mudah ditumbuhi bakteri. Namun, cuci atau ganti aplikator secara berkala, dibanding bedak tabur bedak padat masa pakainya lebih pendek yaitu hanya bertahan selama 6 bulan, karena bedak padat mengandung air, sehingga lebih mudah di tumbuhi bakteri.

Spons (2-3 bulan)
Karena setiap hari digunakan, ganti spons make up setiap 2-3 bulan sekali. Mengapa? Karena bakteri gemar menempel dan berkumpul di tempat lembap. Semakin sering digunakan, spons semakin lembap dan kuman bisa berpindah dari spons ke kulit Anda.

Krim wajah (6-12 bulan)
Meski tahan hingga 12 bulan, sebaiknya krim wajah digunakan tidak lebih dari 6 bulan. Bentuknya yang kental dan mengandung air membuatnya mudah ditumbuhi bakteri. Selain itu, umumya krim wajah mengandung antioksidan seperti vitamin A, C, dan E yang sensitif terhadap paparan cahaya. Itu sebabnya krim wajah sering dikemas dalam kemasan kecil.

About Admin Info Jogja

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post