Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Terbukti Melakukan Penculikan Terhadap dr Rica, Eko Dan Veni Divonis Penjara Masing-Masing 2 dan 1 Tahun

Kedua terdakwa saat mendengarkan vonis. 
SLEMAN (info-jogja.com) - Dua terdakwa perkara dugaan penculikan dr Rica Handayani,  Eko Purnomo  dan Veni Orinanda divonis dengan putusan berbeda pada persidangan di Pengadilan Negeri Sleman, Kamis  (29/9/2016) siang.

Terdakwa satu Eko Purnomo diganjar 2 tahun penjara sedangkan terdakwa dua Veni Orinanda dengan pidana penjara selama 1 tahun oleh Majelis Hakim yang diketuai  Ninik Hendras Susilowati SH.

Suami isteri ini terbukti melanggar dakwaan kedua pada Pasal 332 ayat 1 ke -2 KUHP dan Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP yang dilayangkan  tim Jaksa Penuntut  Umum (JPU) yang disampaikan pada sidang terdahulu.

Padahal sebelumnya JPU Johan Iswahyudi SH dan Meyer V Simanjuntak SH menuntut  7 tahun penjara dengan dawaan kesatu Pasal 328 KUHP.

Putusan tersebut antara lain dengan mempertimbangkan hal yang memberatkan yaitu digunakanya ayat-ayat Al-Quran dan atas kejadian itu menimbulkan trauma bagi korban dr Rica.

Namun kata Ketua Majelis terdapat pula hal yang meringankan diantaranya terdakwa belum pernah dihukum, keduanya hanyalah merupakan korban, bersikap sopan selama persidangan dan terdakwa ke -2 memiliki anak kecil.

"Terdakwa ke-1 Eko Purnomo dipidana penjara selama 2 tahun, sedangkan terdakwa ke-2 Veni Orinanda dengan pidana penjara selama 1tahun, dipotong saat masa penangkapan dan penahanan, "papar ketua majelis saat membacakan vonis.

Usai pembacaan putusan JPU menyatakan pikir-pikir atas vonis tersebut,  begitu juga penasehat hukum terdakwa.

" Kita menyatakan pikir-pikir selama satu minggu atas vonis tadi, mengenai pasal yang dilayangkan majelis hakim yakni pasal 332 KUHP itu kan wewenang majelis,  makanya dalam pledoi lalu hanya kita bahas mengenai pasal 328 KUHP, "terang ketua tim penesehat hukum terdakwa , Jeremias Lemek SH kepada wartawan seusai sidang.

Kata dia lagi sebenarnya tidak ada unsur penculikan. "Wong kepergian dr Rica atas kemauan sendiri,  kenapa disebut penculikan, "tutupnya.

Pada dakwaan JPU dr Rica pergi ke Mempawah Kalimantan Barat diajak bersama Eko dan Veni pada 30 Desember 2015 untuk mengikiti program ormas Gafatar melalui Bandara Adisucipto.

Penulis :Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post