Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Kondisi Penelitian di Indonesia Masih Rendah Dibandingkan Dengan Negara Lain Di ASEAN

Dr. Muhammad Dimyati pada Dies Natalis ke-51 Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)
SLEMAN (info-jogja.com) - Penelitian menjadi sebuah bidang yang mampu digunakan oleh bangsa dalam meningkatkan daya saing global. Melalui penelitian itu sendiri, potensi lokal mampu dikembangkan yang akan menunjukkan daya saing suatu bangsa.

Seperti diungkapkan  Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi & Pendidikan Tinggi, Dr. Muhammad Dimyati dengan tema  Pemantapan Keunggulan Lokal dalam rangka Peningkatan Daya Saing Global pada  peringatan Dies Natalis ke-51 Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) di Auditorium Kampus 2  UAJY, Selasa pagi (27/9/2016).

Katanya lagi  kondisi penelitian di Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara lain di ASEAN. “Produk Domestik Bruto (PDB) 2015 di Indonesia dari penelitian hanya sebesar 0,20 persen, lebih rendah dari Singapura (2,65%) dan Malaysia (0,8%)”, kata dia.

Sumber daya manusia dalam bidang riset juga terbilang cukup rendah. Di Indonesia jumlah sumber daya manusia sebanyak 1000 orang per sejuta penduduk. Selain itu, publikasi dan paten penelitian di Indonesia juga masih rendah dibandingkan Singapura, Malaysia, dan Thailand.

Melihat masih rendahnya bidang penelitian di Indonesia, Muhammad Dimyati menyampaikan supaya sebagai masyarakat Indonesia harus tetao optimis dan terus melakukan riset. “Dengan berani menentukan pilihan untuk segera memulai, fokus, memanfaatkan berbagai networking dan sumberdaya yang dimiliki, serta percaya diri, pasti kita akan berhasil," jelasnya.

Dirinya berpesan kepada UAJY untuk terus mengembangkan kegiatan di bidang penelitian. UAJY memiliki banyak potensi dan pengembangan penelitian menjadi challenge tersendiri.

"Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada usia yang ke-51 telah melakukan berbagai upaya untuk semakin mengembangkan potensi dalam bidang penelitian. UAJY telah masuk Predikat Utama dalam bidang penelitan,"pintanya.

Ditambahkan  Rektor UAJY, oleh Dr. G. Sri Nurhartanto, S.H.pada tahun akademik 2015/2016  UAJY telah mendanai secara internal 12 judul penelitian.

"Sementara untuk pendanaan eksternal terdapat 24 judul, Hibah Kompetitif dan Institusional UAJY sebanyak 4 judul, dan 1 penelitian institusional. Saat ini posisi riset UAJY berada pada peringkat 36 dari 1400 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Rektor  berharap  riset di UAJY dapat semakin berkembang untuk kedepannya." Perlu semakin dikembangkan riset di kampus ini,"harapnya.

Penulis :Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post