Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » KIP DIY Tangani 12 Permohonan Sengketa Informasi Publik

Hazwan Iskandar Jaya (kanan) didampingi Warsono
YOGYAKARTA (info-jogja.com) - Kewajiban kepada setiap Badan Publik untuk membuka akses bagi setiap pemohon informasi publik dalam mendapatkan informasi publik  telah dijabarkan pada Undang-Undang No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Jika  terjadi suatu permasalahan, masyarakat dapat mengajukan permohonan sengketa ke Komisi Informasi Publik (KIP)  DIY.

“KPI DIY  siap menerima permohonan  masyarakat  terkait sengketa publik sesuai yang dipersyaratkan dalam UU nomor 14 Tahun 2008, seluruhnya akan kami proses  melalui prosedur sidang ajudikasi non litigasi, sedangkan keputusannya tergantung fakta di persidangan”jelas Ketua KIP DIY Hazwan Iskandar Jaya kepada info-jogja.com di kantor  Jalan  Brigjen Katamso, Kamis (15/9/2016).

Secara garis besar lanjut Hazwan  proses penyelesaian sengketa informasi publik di Komisi Informasi  yakni  pemohon datang kepada badan publik.

“Pemohon datang ke badan publik untuk meminta informasi yang diinginkan, paling lama 10 hari kerja sejak diterimanya permintaan badan publik wajib menanggapi secara tertulis dan diperpanjang selama 7 hari kerja. Jika belum didapatka informasi dimaksud  maka dapat mengajukan sengketa  ke KIP DIY,” paparnya.

Sampai  Agustus 2016 , tambah Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi , Warsono  sebanyak 12 permohonan sengketa informasi telah ditanganinya.

“ Hingga bulan Agustus 2016  ini sebanyak 12 permohonan sengketa publik ditangani KIP DIY, 10 permohonan telah selesai sedangkan yang dua masih dalam proses persidangan . Pemohon yang tidak puas dengan putusan bisa mengajukan banding di PTUN, “ terang Warsono.

Lanjutnya, kebanyakan permohonan dikabulkan. “ Rata-rata permohonan dikabulkan sehingga masyarakat pemohon mendapatkan informasi yang diinginkan, putusan ini setingkat dengan putusan di Pengadilan . Sebelum digelar persidangan pun  dilakukan mediasi antara pemohon dan termohon  dengan waktu 14 hari kerja,  ”  katanya.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post