Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » » APKI Gandeng Bupati Sleman Tanam Kurma

SLEMAN (info-jogja.com)Selama  ini masyarakat Indonesia mengenal buah kurma hanya  berasal dari jazirah  Arab Saudi atau Timur Tengah. Padahal tanaman kurma ini bisa tumbuh baik dan berbuah di Indonesia namun perlu dukungan finansial  dan  teknologi memadahi untuk budidayanya.

Meyakinkan hal itu  sejumlah petani kurma yang bernaung dalam Asosiasi Petani Kurma Indonesia (APKI)  lakukan  penanaman perdana benih pohon  kurma  Tissue Culture di kebun Sabila Farm  Jalan Kaliurang Km 18,5 Kertodadi, Pakembinangun Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman DIY , Kamis pagi (18/8/2016).

Bupati Sleman  Drs H Sri Purnomo dan pejabat muspika  turut hadir dalam kegiatan tersebut, selain itu APKI juga mengundang Petani Kurma Tropis dari Negara Thailand , Ms Prawput Pawkrasin  , Managing Director Purnama World , Arben Ginting dan sejumlah petani kurma se- Indonesia.

“Kami sangat mendukung gerakan bercocok tanam kurma di Indonesia   dimulai dari Sleman ini, perlu kiranya diperhatikan agroklimatnya agar dapat tumbuh baik, “ beber Sri Purnomo disela mengikuti kegiatan, Kamis (18/8/).
Bupati Sleman lakukan penanaman benih kurma.

Kedepan kata dia lagi, tanaman kurma akan dijadikan salah satu ikon di Kabupaten Sleman.

” Kedepan tanaman kurma akan dijadikan salah satu ikon di sini,  tentunya ini menjadi suatu   daya tarik untuk berkunjung ke  Sleman ,” ungkapnya.

Sementara Ketua APKI, M. Gunung Soetopo mengaku bahwa bercocok tanam kurma  membutuhkan dukungan permodalan besar dan teknologi.

“Saya yakin tanaman kurma bisa tumbuh dan berbuah disini, tidak banyak yang kita tanam namun telah disiapkan lahan seluas satu hektar, kalau kita mau masuk kesana memang  dibutuhkan  modal besar karena harga bibitnya sangat mahal sekitar Rp 600 ribu per benih  selain itu perlu dukungan teknologi,"   ”katanya.

Ms Prawput Pawkrasin (berjilbab) bersama  Sri Purnomo
Lanjutnya secara  bisnis ini  sangat  menguntungkan  sebab kurma dikonsumsi hampir  80 persen menduduk Indonesia “ Secara hitungan bisnis sangat menguntungkan , mayoritas penduduk Indonesia mencapai 80 persen  muslim , sebagian besar  menyukai  buah tersebut,” pungkas  dia.


Pada Kesempatan tersebut Bupati Sleman berkesempatan menanam benih pohon kurma bersama Ms Prawput Pawkrasin didampingi Ketua APKI M. Gunung Soetopo dan  sejumlah tamu undangan, kemudian  diikuti oleh seluruh pengurus  APKI.

Selain itu digelar pula Workshop budidaya kurma dengan narasumber petani kurma sukses di Thailand  Ms Prawput Pawkrasin yang diikuti 30 pewakilan petani se-Indonesia.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post