Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » » Ternyata Pohon Kurma Bisa Berbuah Di Jogja

Sudiyo memperlihatkan salah satu pohon kurma yang berbuah
SLEMAN (info-jogja.com) – Selama ini kita mengenal buah kurma hanya  berasal   dari   Madinah Arab Saudi.  Namun jangan heran jika   pohon kurma yang didatangkan dari negeri asalnya Arab Saudi  ternyata dapat tumbuh dan  berbuah  di Indonesia.

Seperti yang dibudidayakan Ardi Nugroho di dusun Sundi Kidul RT 03  , Argorejo Sedayu Bantul DIY. Varietas pohon kurma jenis Ajwa dari Arab  dapat tumbuh subur bahkan berbuah.

” Pohon kurma jenis Ajwa  coba kita budidayakan di sini. Hasilnya cukup memuaskan dalam dua bulan  terakhir ini terus berbuah, walaupun buahnya belum begitu lebat, ada 10 pohon ditanam di tanah semuanya telah berbuah , umur tanaman berkisar  3 sampai  10 tahun dan ada beberapa pohon kecil  ditanam di pot besar, harga bibit kultur jaringan impor sekitar Rp 600 ribu per bibit“ jelas Ardi kepada info-jogja.com , Sabtu pagi (2/7/2016).

Diakuinya perlu perlakuan khusus dalam pemeliharaan tanaman kurma ini, seperti cara dan pemilihan  jenis pupuk  sehingga tanaman memperoleh media tanam yang optimal.” Saat pemupukan diperlukan cara  dan jenis pupuk yang tepat dengan tujuan untuk mencapai pertumbuhan tanaman menjadi  optimal,” bebernya.

Salah satu pekerja kebun  milik Ardi, Sudiyo (52) mengaku baru sekali ini memelihara tanaman kurma. “  Baru kali ini saya merawat tanaman kurma , pemupukanya  khusus mas ,biasanya  saya kerjakan  bersama  pak ardi dan  sepertinya tanaman itu harus cukup mendapatkan sinar matahari,” singkatnya.

Dimintai komentarnya tentang tanaman kurma  , Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan DIY, Ir Sutarto menyebut bahwa tanaman ini kemungkinan bisa ditaman dimana saja namun perlu pengujian.

” Tanaman kurma bukan komoditas perkebunan tapi merupakan tanaman pangan pertanian , mengenai uji coba ya kan bisa diamati cocok tidaknya untuk dikembangkan di wilayah Yogyakarta, tentunya diperlukan pengujuan lebih lanjut,” terang dia  melalui ponselnya , Sabtu (2/7/2016).

Tambah Sutarto , kurma zaitun itu kan buah yang disebut di  dalam  Al Quran .” Karena Al Quran itu general  mungkin tanaman kurma ini bisa ditanam dimana saja,” tutupnya.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post