Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Membentuk Generasi Muda Bermental Mulia , Margorejo Gelar Festival Takbir Keliling

Aneka kreasi di Festival Takbir Keliling Desa Margorejo
SLEMAN (info-jogja.com) – Gema takbir mengagungkan  asma Allah di hari Idul Fitri 1437 Hijiriyah digelar   melalui  Festival Takbir Keliling Desa Margorejo , Kecamatan Tempel , Kabupaten  Sleman, Selasa malam  (5/7/2016). 

Seperti dipaparkan  Kepala Desa Margorejo , Amat Jalaludin kepada info-jogja disela mengikuti kegiatan  di halaman balai desa  setempat.

“ Festival sekaligus lomba  ini dilakukan dengan maksud untuk mengagungkan asma Allah di hari Idul Fitri 1437 H  melalui takbir keliling, selain itu kita mencoba mengarahkan kegiatan adik-adik usia muda ke hal-hal positif ,” paparnya.

Lanjut Amat, event yang baru pertama ini  bertujuan juga untuk membentuk generasi muda  solid seiring semangat cita-cita revolusi mental yang dicanangkan Pemerintah.” Melalui semangat cita-cita revolusi mental oleh pemerintah  Presiden Joko Wi diharapkan pada 10-15 tahun kedepan akan terbentuk generasi muda yang solid dan bermental mulia ,” terang dia.

Setelah usulan dan   gagasan  dari tokoh masyarakat kegiatan ini akan digelar tiap  tahun sekali namun akan ada perubahan momennya.

” Kedepan acara serupa akan digelar tiap tahun, namun akan pilih waktu saat perayaan hari Raya Idul Adha dengan berbagai pertimbangan diantaranya berkaitan waktu persiapan lomba   terkadang mengganggu waktu kegiatan ramadan  dan antisipasi adanya perbedaan waktu lebaran,” katanya. 

Seluruh biaya  diambilkan dari APBDes Desa  Margorejo. ”Di bagian  Kesra memang  sudah dianggarkan untuk  kegiatan ini.  Kepanitiaan kita libatkan empat unsur yakni PKK, LPMD, Karang Taruna dan Badko Margorejo, “ tutup dia.

Ditambahkan Ketua Panitia  Festival Takbir Keliling Desa Margorejo Haryanto  dalam perlombaan ini ada 19 kelompok peserta dan disediakan  total hadiah sebesar  Rp 5 Juta. “ Festival ini diikuti 19 kelompok dari 15 padukuhan , sifatnya umum dapat diikuti anak , pemuda hingga dewasa. Total hadiah  diperebutkan senilai total  Rp 5 juta juga ada trofi  dan trofi bergilir, " jelasnya

Rute yang  dilalui star mulai di  pasar Ngemplak ke barat menuju  Kadisono lalu  ke selatan Mangkudranan ke arah  barat menuju Ngebong  lalu finish di balai Desa Margorejo.

Setelah melalui penilaian ketat  oleh juri independen, akhirnya  terpilih  empat juara yakni  juara I dusun Surowangsan, II Tegal Domban, III Kadisono dan juara IV Kadiluwih.  Dusun Surowangsan dengan tema ogoh-ogoh berhasil menyabet Trofi bergilir dan hadiah utama berupa uang  tunai sebesar  Rp 1,5 Juta.

Kegiatan berlangsung semarak ratusan peserta dan penonton nampak memadati area halaman balai desa. Dihadiri pula jajaran pejabat Muspika Kecamatan Tempel.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post