Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Kebiasaan Merokok Menyebabkan Kanker Serviks

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang di Indonesia. Merokok dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan terserang berbagai penyakit berbahaya, salah satunya adalah kanker serviks.

Kanker leher rahim atau disebut juga kanker serviks adalah sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) onkogenik, yang menyerang leher rahim. Di Indonesia hanya 5 persen yang melakukan Penapisan Kanker Leher Rahim, sehingga 76,6 persen pasien ketika terdeteksi sudah memasuki Stadium Lanjut (IIIB ke atas), karena Kanker Leher Rahim biasanya tanpa gejala apapun pada stadium awalnya. Penapisan dapat dilakukan dengan melakukan tes Pap smear dan juga Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). 

Di negara berkembang, penggunaan secara luas program pengamatan leher rahim mengurangi insiden kanker leher rahim yang invasif sebesar 50% atau lebih. Kebanyakan penelitian menemukan bahwa infeksi human papillomavirus (HPV) bertanggung jawab untuk semua kasus kanker leher rahim. Perawatan termasuk operasi pada stadium awal, dan kemoterapi dan/atau radioterapi pada stadium akhir penyakit.

ROKOK SEBABKAN KANKER SERVIKS


Menurut ahli kesehatan, setiap rokok yang dihisap pasti mengandung nikotin dan tar. Dari kandungan zat tersebut memicu sel kanker tumbuh secara aktif. Bagi wanita perokok, tar rokok tersebut langsung merangsang pertumbuhan sel kanker serviks. Bahkan, kabarnya wanita perokok rentan dua kali lipat terkena kanker serviks.

Karena itu, dokter kehamilan selalu menginangatkan ibu-ibu hamil untuk tidak merokok atau dekat dengan perokok. Pasalnya, ia juga berbahaya bagi kehamilannya. Sungguh, sebisa mungkin wanita untuk jauh dari rokok dan perokok.

Rokok memang bukanlah penyebab langsung, tapi kombinasinya dengan virus HPV membuat resiko kanker meningkat. Diduga rokok berpengaruh dengan cara:
1. Asap mencegah sistem imun untuk melawan virus HPV.
2. Zat yang bersifat karsinogen pada rokok membuat aktivitas virus HPV di serviks meningkat.
3. Karsinogen dapat membuat virus HPV bergerak lebih cepat menuju sel serviks.

Dengan bahaya yang cukup kompleks, akankah anda masih melanjutkan kebiasaan merokok?
Berhentilah Merokok Dari Sekarang!

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post