Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Sigit : "Upayakan Zero Accident Di Mudik Lebaran 2016"

Kepala Dinas Perhubungan DIY I r Sigit Haryanta MT
SLEMAN( info-jogja.com) - Kementerian Perhubungan RI bertekad ciptakan Zero Accident angka kecelakaan selama musim mudik Lebaran 2016  .  Menikapi upaya  zero accident terutama  untuk  angkutan  umum  di seluruh wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),  segala perencanaan telah disiapkan oleh Dinas Perhubungan DIY .

 Seperti  dipaparkan Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Haryanta dalam perbincangannya dengan  info-jogja.com  ditempat dinasnya, Selasa siang (7/6/2016).

“ Berkaitan dengan zero accident terutama dalam angkutan umum di wilayah DIY perlu kita sikapi dengan mempertimbangkan segala faktor penyebab terjadinya  kecelakaan diantaranya faktor manusia , kendaraan , sarana dan prasarana serta lingkungan,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan Sigit , faktor manusia sangat mempengaruhi terjadinya accident (kecelakaan) pihaknya telah  berkoordinasi  dengan dinas Kesehatan DIY untuk melakukan cek kesehatan bagi pengemudi terutama di terminal tipe A di Giwangan selain itu himbauan kepada sopir untuk tidak memgemudi lebih dari 10 jam dan cukup istirahat.

“ Terhadap kendaraan nantinya adan diberlalukan  ramp check di terminal dan pool ke seluruh armada angkutan darat.  Kendaraan lokal AKDP (Antar Kota dalam Provinsi)   tidak diizinkan ke kota lain  hanya di dalam provinsi, kan sudah ada unit  AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) , ini untuk mengantisipasi  sopir AKDP yang belum hafal medan dan perilaku yang berbeda . Selain itu kendaraan pengangkut barang tidak boleh untuk mengangkut penumpang, “jelas Sigit.

Yang tak kalah pentingnya yakni dalam hal  sarana dan prasara , Dinas Peruhungan DIY menggandeng  Dinas  Pekerjaan Umum , Perumahan, Energi dan Sumber Daya Mineral  (PUP-ESDM) DIY melakukan cek  lapangan untuk memastikan kesiapan sarana prasarana kelengkapan  jalan raya ,meliputi penerangan jalan  dan rambu lalu-lintas.

 “ Kita akan ajak PUP lakukan pengecekan di lapangan , beberapa tempat yang perlu pembenahan akan segera dipersiapkan seperti penambahan lampu penerangan jalan ,penambahan rambu dan pantauan utama kami yakni pada ujung-ujung devider karena kerap kali terjadi kecelakkan ditempat ini, terutama pengguna jalan dari daerah lain yang belum hafal kondisi jalan di Yogyakarta. Berdasarkan kondisinya nanti akan ditambah rambu dengan scotlite atau dengan pemasangan lampu kedip,”tambahnya.

Sigit berharap dengan upaya persiapan tersebut  zero accident khususnya di Yogyakarta dapat terealisasi.” Dengan dukungan  dan kepatuhan  semua pihak  kami yakin angka kecelakaan dapat ditekan sekecil mungkin,” harap mantan Karo Umum , Humas dan Protokoler Setda DIY ini saat menutup perbincanganya dengan info-jogja.com.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post