Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » Kemenag Gelar Sidang Isbat Hari Ini

JAKARTA – Kementerian Agama menggelar Sidang Isbat hari, (Minggu, 5/6), guna menentukan awal Ramadhan 1437 H. Sidang juga akan menerima laporan hasil pengamatan posisi hilal (bulan) dari sejumlah wilayah di Indonesia.

Sidang Isbat akan dipimpin Menteri Lukman Hakim Saifuddin, dan Ketua Umum MUI (Majelis Ulama Indonesia) KH Ma’ruf Amin, dan akan dihadiri perwakilan dari organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Selain itu, juda akan hadir para duta besar dari negara-negara muslim. Dalam sidang ini juga akan mendengarkan pemaparan para pakar ilmu astronomi, Badan Hisab dan Rukyat tentang posis hilal.

“Pada 5 Juni nanti Insya Allah pada Minggu sore kami Kemenag akan mengadakan Sidang Isbat. Dari situ kemudian nanti akan menentukan apakah ada yang melihat hilal, atau tidak” kata Lukman.

Ditambahkan, jika bulan baru atau hilal bisa terlihat pada Minggu, 5 Juni 2016, bisa dipastikan puasa akan dilaksanakan mulai Senin, 6 Juni 2016.

“Tapi, kalau tidak ada satupun yang melihat hilal, itu artinya kita menggenapkan Bulan Syaban menjadi 30 hari, artinya puasanya baru lusa (tanggal 7),” terang Lukman.
Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadhan 1437 Hijriah pada 6 Juni 2016 setelah melakukan penghitungan, atau hisab untuk hari-hari besar keagamaan Islam seperti Ramadhan, Syawal dan Zulhijah.

Sumber : Poskota Online

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post