Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Gua Maria Tritis

Gua Maria Tritis Jogja
Dusun Bulu, Kabupaten Gunung Kidul, Wonosari

Gua Maria Tritis berada di daerah Gunung Kidul. Sebelumnya, Gua ini bernama Gua Tritis Singkil. Suasana hening yang mencekam serta lokasi yang jauh dari tempat pemukiman penduduk membuat Gua ini terkenal angker. Gua Tritis Singkil dahulu sempat  menjadi tempat para petapa dan para pangeran dari kerajaan Mataram mencari wangsit.

Pastur Paroki Wonosari bernama Hardjo Sudarmo SJ mengenalkan Gua ini kepada umat Katholik yang tinggal disekitar Gua. Setelah diberkati oleh Uskup Agung Kardinal Darmojuwono SJ, maka Gua ini diresmikan sebagai tempat berdoa dan ziarah bagi umat Katholik. Pada tahun 1979 Gua Maria Tritis diresmikan oleh Romo Lamers, SJ dengan memasang Patung Bunda Maria. Kemudian Gua Tritis Singkil berganti nama menjadi Gua Maria Tritis.

Suasana di Gua Maria Tritis sangat alami. Bahkan setelah menjadi tujuan wisata, Gua Maria ini tetap mempertahankan keaslian Gua. Tidak ada pembangunan maupun perubahan fisik yang signifikan. Semua ini bertujuan untuk mengingatkan kita akan kesederhanaan serta mensyukuri setiap hal yang Tuhan berikan kepada umat manusia.


Sebagai tempat ziarah Gua Maria Tritis ini dilengkapi dengan rute jalan salib sepanjang 1,5km  dan 14 pemberhentian. Setiap pemberhentian terdapat diorama yang mengingatkan umat Katolik akan kisah sengsara Yesus. Suasana hening dan alami di tempat ini menjadikan tempat yang sangat cocok untuk merenung dan berinstrospeksi diri.


Akses jalan menuju lokasi ini sangat mudah. Gua Maria Tritis berjarak 50 KM ke selatan kota Jogjakarta dan dapat ditempuh dalam waktu satu setengah jam. Jalan menuju lokasi ini mulus dan lebar sehingga memudahkan kita sampai ke lokasi dengan aman dan nyaman.

Gua alami ini berada di balik perbukitan karst yang tandus Gunungkidul. Gua Maria Tritis seperti sebuah oase yang menyegarkan  batin di tengah ketandusan perbukitan selatan di kabupaten Gunung Kidul.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post