Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Pantai Kukup Yogyakarta

Pantai Kukup:
Lokasi: Kemadang, Tanjungsari, Wonosari, Gunungkidul

Tarif Per Orang: Rp 10.000,-

Pantai Kukup, terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Dapat ditempuh dari Jogja kurang lebih 1,5 sd 2 jam. Jalan akses menuju pantai kukup relatif bagus dan terawat. Dikenal sebagai Akuarium Alam, Karena banyaknya ikan hias di Pantai ini, dan airnya yang jernih. Merupakan obyek wisasta alternatif bila kita bosan dengan suasana di Parangtritis. Kalau Bali memiliki Tanah Lot, maka Jogja memiliki Pantai Kukup.

Pantai kukup merupakan pantai yang indah, terdiri dari karang - karang dan pasir putih. Di bagian timur, ada sebuah batu karang besar menyerupai pulau kecil yang di hubungkan dengan jembatan. Anda bisa menikmati pemandangan dari gardu pandang yang ada di batu karang tersebut.

Apabila ingin tantangan, anda bisa mencoba untuk mencari ikan hias yang ada di seputar karang di bibir pantai. Walaupun ikannya banyak, cukup sulit untuk menangkapnya. Pastikan anda mencoba berkunjung ke pantai yang ada di sebelah timur pantai baron ini. Tapi anda harus tetap berhati - hati karena ombak di Pantai Kukup cukup besar.


Untuk menuju pantai Kukup dari pusat kota Yogyakarta, yaitu menuju kota Wonosari. Jalur yang paling mudah untuk menuju Wonosari dari pusat kota Yogya adalah dengan mengambil jalur lingkar luar Selatan (Ring Road Selatan) bagian Timur menuju ke arah jalan Raya Wonosari. Jarak terpendek dari lingkar Selatan Yogya menuju Wonosari melalui jalan raya Wonosari adalah sekitar 32 km.

Setelah sampai di kota Wonosari, terdapat dua jalan alternatif untuk menuju pantai Kukup. Jalur pertama yaitu, setelah melewati alun-alun Wonosari belok kanan melewati desa Kemandang ke arah pantai Kukup (terdapat tanda petunjuk untuk belok ke kanan). Kondisi jalan jalur ini cukup bagus dengan marka yang sangat memadai. Jalur ini berupa jalur yang berkelok-kelok melewati perbukitan batu gamping Gunung Kidul. Panjang rute ini dari Wonosari sampai pantai Kukup adalah sekitar 23 km. Sebelum memasuki kawasan pantai, terdapat gerbang loket retribusi. Tarif untuk memasuki pantai adalah 10000 rupiah/per orang. 

Setelah melewati gerbang ini, terdapat pertigaan, ambil ke arah kiri untuk menuju pantai Kukup, sedangkan yang ke arah kanan menuju pantai Baron.


Jalur alternatif kedua adalah dengan melalui pantai Krakal. Untuk melewati jalur ini, dari alun-alun Wonosari belok ke kanan mengikuti rute pertama yang telah disebutkan di atas. Ketika bertemu desa Mulo, belok ke kiri melalui jalan menuju Girisubo.  Sama halnya dengan jalur sebelumnya, jalur ini juga merupakan jalur yang berkelok-kelok dan naik/turun. Akan tetapi, dibandingkan dengan jalur yang sebelumnya, kondisi jalur ini secara umum lebih mulus. Penyempitan jalan terjadi setelah melewati pertigaan setelah desa Sidoharjo, sebelum memasuki desa Tepus. Penyempitan jalan ini sepanjang 7 km sampai di pantai Krakal, agak sulit jika berpapasan dengan kendaraan besar. Untuk menuju pantai Kukup, setelah bertemu dengan pantai Krakal, ikuti jalan beraspal mulus dengan marka minim menuju ke arah Barat sepanjang sekitar 6.5 km sampai akhirnya bertemu dengan pantai Kukup. Anda dapat juga singgah di Pantai Krakal. Gerbang retribusi terdapat sekitar 3 km sebelum memasuki kawasan pantai Krakal.

Sebelum memasuki pantai, terdapat tempat parkir terbuka yang cukup luas. Semua kendaraan disarankan oleh petugas untuk parkir di tempat ini, kecuali yang memiliki ijin atau yang ingin menuju ke penginapan. Jarak bibir pantai dari tempat parkir ini sekitar 300 – 500 m. Di kanan dan kiri jalan dari tempat parkir menuju pantai ini terdapat banyak warung kecil yang menjual suvenir dan makanan olahan hasil laut berupa keripik udang (udangnya berwarna merah, sedikit dan kecil-kecil), kepiting goreng, ikan dan lain-lain. Tepat sebelum memasuki kawasan pantai, biasanya terdapat beberapa tempat penjualan ikan laut hias  dan terumbu karang hidup.

Pantai Kukup berupa paparan karang laut dangkal sejauh 75-100 m dari bibir pantai yang terisolasi oleh tebing-tebing batugamping di bagian Utaranya. Terdapat gundukan terumbu karang di ujung pantai sebagai batas dengan laut lepas. Terumbu karang ini sangat berperan untuk menghalangi kawasan pantai dari terjangan ganasnya ombak laut Selatan, sehingga di tepi pantai kondisi airnya sangat bersahabat. Jika terjadi pasang surut, pantai ini masih digenangi oleh air laut yang jernih, terutama di daerah-daerah rendah yang terisolasi, kita masih bisa bermain air di tempat tersebut sambil mencari ikan hias yang terperangkap di kubangan. 


Kita juga dapat berjalan kaki sampai ke ujung pantai ketika surut, hati-hati dengan keberadaan bulu babi yang banyak terdapat di daerah di ujung pantai yang bersembunyi di lubang-lubang karang. Di sore hari ketika kondisi pantai surut, kita bisa melihat banyak cacing wawo/palolo keluar dari lubang persembunyian dengan berbagai macam ukuran.

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post