Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Museum Ullen Sentalu, Seni Dan Budaya Jawa

Tidak disangka jika di lereng Gunung Merapi yang alami dan sejuk terdapat sebuah museum. Yap, itu adalah Museum Ullen Sentalu yang diprakarsai oleh Haryono pada 1994 dan telah diresmikan pada 1 Maret 1997 di bawah naungan Yayasan Ulating Blencong. Museum ini berdiri di atas Taman Kaswargan yang terletak di sekitar kawasan wisata Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Lokasi tersebut sengaja dipilih karena selain tempat yang asri karena berada di ketinggian lereng Gunung Merapi, juga karena kultur masyarakat Jawa yang menganggap Gunung Merapi sebagai tempat yang sakral dan penuh dengan mitos.

Pada dasarnya, Museum Ullen Sentalu memiliki beberapa ruangan, seperti Ruang Selamat Datang, Goa Sela Giri, Ruang Seni Tari dan Gamelan,  lima ruang di Kampung Kambang, Ruang Budaya serta Koridor Retja Landa. Untuk menelusuri setiap ruang-ruang tersebut, Anda akan dibantu oleh seorang pemandu museum yang juga akan menjelaskan berbagai macam cerita mengenai Museum Ullen Sentalu.

Museum Ullen Sentalu lebih banyak menampilkan seni, budaya dan kehidupan sang putri Keraton Yogyakarta, berbagai macam koleksi batik baik itu batik gaya khas Yogyakarta maupun gaya khas Solo dan menampilkan tokoh raja-raja yang pernah memimpin Keraton Yogyakarta beserta permaisurinya lengkap dengan pakaian yang dikenakan sehari-hari.

Jika berada di museum ini serasa Anda sedang berada di masa lalu kebudayaan Jawa yang kaya akan nilai sejarah, kebudayaan dan seninya. Apalagi lokasi museum yang sangat sejuk, asri dan segar akan membuat siapapun betah untuk berlama-lama tinggal di sana.

Selain bisa menikmati sejarah seni dan budaya Jawa, di Museum Ullen Sentalu ini Anda juga menikmati sajian makanan dari Beukenhof Restaurant yang berada di area museum. Restoran bergaya Belanda ini menyajikan aneka makanan dan minuman yang bisa memanjakan lidah sembari menikmati kesejukan pegunungan khas Kaliurang.

Jika Anda ingin membeli sebuah souvenir pilihan khas Ullen Sentalu, Anda bisa mendapatkannya di Putri Malu Souveni Shop yang menjual aneka kerajinan tangan seperti sarung bantal, taplak, batik, tas dan berbagai macam kerajinan tangan yang sangat menarik.

Museum Ullen Sentalu buka setiap hari Selasa sampai Minggu pukul 09.00-16.00 WIB dengan harga tiket sebesar Rp 30.000 per orang. Bagi anda yang di Jogja atau di luar Jogja, jangan sampai terlewatkan untuk mengunjungi museum yang satu ini.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post