Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Kebiasaan Merokok Dapat Menyebabkan Kanker Prostat

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang di Indonesia. Merokok dalam jangka waktu yang panjang akan mengakibatkan terserang berbagai penyakit berbahaya, salah satunya adalah kanker prostat.

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat, sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Sel ini dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainnya, terutama tulang dan lymph node. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi dan gejala lainnya.

Jumlah kanker prostat sangat bervariasi di dunia, namun jarang terjadi di Asia Timur dan Selatan; sering terjadi di Eropa dan Amerika Serikat. Menurut American Cancer Society, kanker prostat paling jarang di pria Asia dan paling sering terjadi di orang hitam, dan orang Eropa di tengahnya.

HUBUNGAN MEROKOK DAN KANKER PROSTAT


Merokok dapat membuat Anda lebih rentan terkena kanker prostat. Asap yang dihirup dalam tubuh akan mengacaukan fungsi dari insulin hingga memudahkan penyakit datang. Hal inilah yang membuat kesehatan pria jadi terancam.

"Setiap tubuh kita, khususnya pria mempunyai sel kanker dalam tubuh namun belum terbentuk. Kondisi itu tergantung apakah Anda memantik salah satu dari penyebab itu atau tidak? Bila sudah dipantik dan satu fungsi dari tubuh tidak berfungsi atau menggangu sistem kerja imum, kanker prostat tinggal tunggu waktu saja," kata Dr. Dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP pakar onkologi medik senior dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Di riset lainnya, disebutkan bahwa di antara perokok dan bukan perokok yang kankernya belum menyebar ketika didiagnosa, atau dalam bahasa medis disebut kanker non-metastatik, risiko kematian yang dihadapi perokok mencapai 80 persen.

"Data riset ini melegakan karena hanya sedikit yang kita ketahui untuk mengurangi risiko kematian akibat kanker prostat. Ini juga bisa jadi alasan untuk tidak merokok," kata Edward Giovannucci, profesor nutrisi dan epidemiologi dari Harvard.

Dengan bahaya yang cukup kompleks, akankah anda masih melanjutkan kebiasaan merokok?
Berhentilah Merokok Dari Sekarang!

(pc/indonesiatransferfactor.com)

About Info -Jogja.com

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post