Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Bus Seharga Rp 615 Juta Gantikan Armada Bus Trans Jogja Lama

Kepala Dinas Perhubungan DIY Ir Sigit Haryanta MT (tengah) saat menggela jumpa media di kantor Dinas Perhubungan DIY Jalan Babarsari Sleman , Rabu pagi (25/5/2016).
SLEMAN (info-jogja.com)- Masyarakat Yogyakarta kembali  akan dimanjakan dengan layanan moda transportasi bus Trans Jogja dengan unit baru dan fasilitas lebih lengkap, untuk menggantikan unit lama yang sudah beroperasi hampir  8 tahun.

Melalui Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 695/2015 tanggal 18 Desember 2015 mengenai alokasi bantuan Bus sedang Bus Rapid Transit (RBT) untuk Pemerintah Daerah DIY dikirim sebanyak 25 unit bus baru dari pusat , dengan total nominal bantuan sebesar Rp15,375 miliar , harga per unit Rp 615 juta.

" Sebanyak 25 unit bus Trans Jogja baru bantuan pemerintah pusat segera akan dioperasionalkan mulai  Jumat 27 Mei 2016 pada jalur padat 1A, 1B dan 2A , sejumlah itu akan menggantikan bus - bus lamu yang sudah tidak layak lagi. Pada tahun 2016 ini kita mendapatkan bantuan sebanyak 34, sehingga masih menunggu yang 9 unit, harga per unit sebesar Rp 615 juta," papar  Kepala Dinas Perhubungan DIY Ir Sigit Haryanta MT saat menggela jumpa media di kantor Dinas Perhubungan DIY Jalan Babarsari Sleman , Rabu pagi (25/5/2016).

Ke -25 bus dengan ditempel tagline "Trans Jogja Istimewa" pada bodi ini dilengkapi fasilitas berupa papan trayek digital, penerapan aplikasi E-bangking  dan  ada voice pemberi informasi lokasi. Rencana kedepan di tahun 2017  sejumlah 167 bus akan beroperasi pada 17 jalur.

 " Dengan bantuan tersebut diharapkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan termasuk peningkatkan citra Trans Jogja , Dinas Perhubungan DIY selalu regulator transportasi daerah juga akan terus melakukan pengawasan terhadap operasional Trans Jogja guna memberikan jaminan layanan yang baik bagi masyarakat dan menekan potensi kemacetan,terbukti dari data dapat mengangkut 6,5 juta penumpang per tahun" katanya.

Berbicara soal pendapatan, tambah Sigit , pada tahun 2015 terdata Rp 21 Miliar , ini lebih ke layanan publik bukan orientasi bisnis karena adanya subsidi dari pemerintah." Ada pendapatan Rp 11 miliar per tahun , namun lebih ke layanan publik  tidak untuk mencari keuntungan finansial namun lebih ditekankan kepada keuntungan dalam hal layanan dan menekan kemacetan , nasukan dari masyarakat sangat kami harapkan , "kata Sigit.

Pada tahun 2016, berdasarkan PP nomor 74 tahun 2014 tentang angkutan jalan PT Anindya Mitra Internasional (PT AMI) selaku badan usaha milik daerah  di DIY ditugaskan selaku operator Trans Jogja sehingga operasional dan pemeliharaan beralih dari PT Jogja Tugu Trans ke PT AMI.

Pada kesempatan acara itu dihadiri pula perwakilan PT Anindya Mitra Internasional,  PT Jogja Tugu Trans , Pejabat Dirlantas DIY yang diwakili AKBP Kusuma dan Organda DIY.

Penulis : Eko Purwono

About Eko Purwono

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post