Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » Yuk Intip 15 Fakta Menarik Seputar Kota Jogja


Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan sebuah kota yang sangat pekat akan tradisi dan budayanya. Memiliki penduduk yang 25% dihuni oleh pelajar menjadikan kota ini sangat aktif dan produktif. Meski begitu, mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui Fakta-fakta unik dibalik kemajuan, hingar binger dan perkembangan Kota Gudeg dan Kota Pelajar ini.

Berikut adalah fakta-fakta unik yang dapat menambah pengetahuan kita akan Yogyakarta :

1. Nama “Yogyakarta” sendiri diambil dari dua kata, yaitu “Ayogya” atau “Ayodhya” yang berarti “kedamaian” atau “tanpa perang”, dan “Karta” yang berarti “baik”.

2. Kotagede merupakan cikal bakal kota Yogyakarta.

3. Tanggal 7 Oktober 1756 yang merupakan tanggal wisuda dari keraton yang dibangun oleh Pangeran Mangkubumi kini dijadikan sebagai hari jadi Kota Yogyakarta.

4. Dulu, Kotabaru dibangun sebagai kawasan untuk orang-orang non-pribumi dari Belanda dan Pecinan untuk orang-orang Tionghoa.

5. Pasar Beringharjo, sejak keraton berdiri hingga sekarang, dikenal sebagai tempat transaksi dagang.

6. Stasiun Lempuyangan yang sampai saat ini masih beroperasi selesai dibangun pada tahun 1872.

7. Stasiun Yogyakarta (Tugu) mulai beroperasi pada tanggal 2 Mei 1887.

8. PSIM, perkumpulan sepak bola lokal Yogyakarta, didirikan pada tanggal 5 September 1929 dengan nama Perserikatan Sepak Raga Mataram.

9. Yogyakarta pernah menjadi ibu kota Indonesia pada tanggal 4 Januari 1946 ketika Pemerintah Republik Indonesia memindahkan ibu kotanya dari Jakarta setelah Belanda dengan Sekutu melancarkan serangan ke Indonesia.

10. Kota Yogyakarta terdiri dari empat belas kecamatan, yaitu Mantrijeron, Kraton, Mergangsan, Umbulharjo, Kotagede, Gondokusuman, Dannurejan, Pakualaman, Gondomanan, Ngampilan, Wirobrajan, Gedongtengen, Jetis, dan Tegalrejo.

11. Muhammadyah, salah satu organisasi Islam terbesar di Indoneia, didirikan oleh K.H. Ahmad Dahlan di Kauman, Ngupasan, Gondoman, Yogyakarta, pada tahun 1912.

12. Tidak ada transportasi air di kota ini karena Yogyakarta memiliki jarak yang cukup jauh dari laut, yaitu sekitar 27 hingga 30 kilometer.

13. Kota Jogja memiliki nama lain terbanyak. Nama-nama itu adalah Jogja , Yogya, Jogjakarta, Yogyakarta, Djogja, Ngayogyakarta, Ngayogyakarta Hadiningrat, Yoja/Yojo

14. Kota dengan sebutan terbanyak di Indonesia, Seperti: Kota Gudeg, Kota Pelajar, Kota Budaya, Kota Seniman, Kota Bakpia, dan masih banyak lagi

15. Banyak tokoh–tokoh besar Indonesia lahir di kota ini, Jogja. Beberapa tokoh yang lahir di Yogyakarta: Presiden Soeharto, Presiden Megawati, Mantan Ketua MPR Amien Rais, Hidayat N Wahid, Wapres Boediono, Anies Baswedan

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post