Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Museum Sandi Indonesia, Di Yogyakarta

Museum Sandi, terletak di Jalan Faridan M Noto 21 Kota Baru Yogyakarta ini memiliki total 43 koleksi benda persandian Indonesia yang tentunya bersejarah. Yogyakarta yang Istimewa ini dipilih menjadi tempat beradanya museum sandi karena sejarah persandian Indonesia berawal dari Yogyakarta sendiri.

Menurut Koordinator Museum Sandi, Anis Hilal, menjelaskan, pada tahun 1948 saat terjadi Agresi Militer Balanda II yang menyerang Yogyakarta, para pejuang Indonesia mulai menggunakan sandi dalam melawan kubu Belanda.

Museum Sandi ini berdiri pada 29 Juli 2008. Pertama berdiri museum ini menjadi satu dengan Museum Perjuangan Yogyakarta yang terletak di Brontokusuman Jl. Kolonel Sugiyono, No 24 Yogyakarta. Kemudian mulai bulan Janauari 2014 pindah ke Jalan Faridan M. Noto 21 Kota Baru Yogyakarta.
Menurut Anis Hilal, tujuan dibuatnya museum Sandi tersebut adalah untuk Menampilkan dan memelihara koleksi benda-benda sandi yang bernilai sejarah untuk menambah pengetahuan serta wawasan para pengunjung tentang dunia persandian di Indonesia.

Museum yang berada langsung di bawah Lembaga Sandi negara ini memiliki koleksi seperti telegraf, buku kode, berbagai jenis mesin sandi buatan dalam maupun luar negeri.

“Museum Sandi menampilkan koleksinya secara menarik, menyenangkan dan mendidik berdasarkan alur sejarah persandian. Selain itu kami menggunakan panel multimedai interaktif untuk menerangkan persandian Indonesia”, jelas Anis.

Setiap bulannya museum ini dikunjungi kurang lebih sekitar 1000 pengunjung. Kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa, pelajar, dan warga negara asing.

“Dibandingkan dengan museum lain yang ada di Yogyakarta, jumlah kunjungan di museum Sandi masih kecil. Di Jogja ada sebuah museum yang jumlah pengunjungnya bisa mencapai 10 ribu pengunjung tiap bulanya”, tambah Anis.

Meseum ini memiliki fasilitas pemandu, anjungan informasi elektronik, ruang pameran, ruang multimedia, ruang cryptogames. Pengelola tidak mumemungut biaya ke pengunjung. Untuk meningkatkan pelayanan dan jumlah kunjungan, pihak museum melakukan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Yogyakarta dan Badan Musyawarah Museum Yogyakarta.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post