Select Menu

Template Information

Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

WISATA ALAM

Berita

Wisata

IKLAN BARIS

CAFE

KULINER

BAKERY

TOUR AND TRAVEL

» » » » Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Museum Benteng Vredeburg berlokasi di Jl. Jend. A. Yani no 6 Jogjakarta. Atau di depan Gedung Agung Jogja. Merupakan sebuah benteng yang dibangun tahun 1760 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I atas permintaan Belanda yang pada waktu itu Gubernur dari Direktur Pantai Utara jawa dipimpin oleh Nicolaas Harting.

Bangunan banteng ini berbentuk persegi dan dikelilingi oleh sebuah parit yang masih bisa dijumnpai hingga sekarang. Pada tahun 1867 di Jogjakarta terjadi bencana alam gempa bumi yang sangat besar hingga menyebabkan kerusakan pada beberapa bangunan benteng. Setelah dilakukan perbaikan, nama banteng yang kemudian dirubah menjadi “ Vredeburg “ ( Benteng Perdamaian ) yang merupakan perjanjian hubungan antara Belanda dan Keraton untuk tidak saling menyerang.

Di dalam benteng terdapat bangunan-bangunan rumah perwira, gudang logistik, asrama prajurit, , rumah sakit prajurit,  gudang mesiu dan rumah residen. Di Benteng Vredeburg terdapat sekitar 500 orang prajurit, termasuk petugas medis dan para medis.

Sangat menarik untuk mengunjungi Museum Benteng Vredeburg  ini karena menyajikan koleksi benda-benda yang berhubungan dengan sejarah bangsa Indonesia. Ada juga koleksi Realita yaitu koleksi yang berupa benda (material) yang benar-benar nyata dan bukan tiruan saat berperang langsung dalam suatu proses terjadinya sejarah. Antara lain berupa peralatan rumah tangga, senajta, naskah, pakaian, perlatan dapur dan lainnya. Koleksi-koleksi itu berada di empat bangunan diorama yang didalamnya terdapat pajangan koleksi foto para pejuang dan perjuangannya mempertahankan Negara Indonesia.

Hal yang menarik lainnya adalah koleksi adegan peristiwa perjalanan sejarah Bangsa Indonesia yang ditampilkan dalam bentuk minirama yang mendetail ,ekspresi dan situasi yang hampir mirip seperti aslinya. Demi kenyamanan dalam pelayanan kepada pengunjung dan masyarakat, Museum Benteng Vredeburg memiliki fasilitas umum yang dapat dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan seni, budaya serta ilmu pengetahuan.

Fasilitas mushola, perpustakaan, kantin, hotspot area, guest house dan toko yang menjual souvenir khas museum Benteng Vredeburg juga bisa dijumpai di museum ini. Jam buka Museum adalah hari Selasa – Jumat dari pukul 08.00-16.00 dan Sabtu –Minggu jam 08.00-17.00. Hari libur nasional tetap buka sedangkan pada hari senin tutup. Tiket untuk wisatawan domestik Dewasa Rp 2.000 dan anak-anak Rp 1000 yang bisa mendapat harga setengahnya bila kunjungan dilakukan secara rombongan. Sedangkan tiket untuk wisatawan mancangera baik dewasa dan anak-anak Rp 10.000 baik perseorangan ataupun kelompok.

Sangat disayangkan bila anda belibur ke Jogja, namun tidak mampir ke ‘museum’ Benteng Vredeburg ini.

About ADMIN INFO-JOGJA.COM

WePress Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post